Disindir Gubernur BI soal Bunga Kredit Selangit, Ini Kata Bos BRI

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 12:10 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso
Direktur Utama BRI Sunarso/Foto: BRI
Jakarta -

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo beberapa hari yang lalu sempat menyinggung bank-bank BUMN yang masih menerapkan bunga kredit yang tinggi. Padahal suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate terus diturunkan hingga saat ini di level 3,5%.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Sunarso memandang pernyataan Perry untuk menumbuhkan ekonomi dengan mendorong pertumbuhan kredit.

"Sasarannya adalah menumbuhkan GDP, menumbuhkan ekonomi, salah satunya dengan menumbuhkan kredit," tuturnya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2021, Kamis (25/2/2021).

Sunarso membenarkan, salah satu upaya untuk menumbuhkan kredit adalah menurunkan suku bunga kredit. Namun menurutnya itu hanya salah satu cara untuk menumbuhkan kredit,

"Untuk menumbuhkan kredit itu salah satunya memang dengan menurunkan suku bunga. Tapi masih ada salah dua salah tiga dan lain-lain yang perlu dioskrestasi," tambahnya.

Oleh karena itu, Sunarso menilai jika ingin menumbuhkan kredit perlu juga mendorong faktor lainnya selain menurunkan suku bunga kredit di perbankan.

"Jadi kata kuncinya adalah mengoskrestasi semua faktor, semua variabel yang bisa mendorong pertumbuhan kredit yang bisa mendorong pertumbuhan kredit," ucapnya.

Simak juga video 'BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Dunia Jadi 5% di 2021':

[Gambas:Video 20detik]



Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2