Pemerintah Bakal Bentuk Bank Emas

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 16:39 WIB
Gold ingots in the Siberian city of Krasnoyarsk, Russia, on Nov 22, 2018. A search of the woman led to the discovery of eight pieces of gold weighing a total of nearly 1.9kg.PHOTO: REUTERS
Foto: REUTERS
Jakarta -

Pemerintah menaruh perhatian lebih terhadap komoditas emas yang semakin diminati di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah berencana akan membentuk bullion bank atau bank yang bisa menerima transaksi emas.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dia mengatakan ekspor emas di Indonesia cukup baik bahkan nilai ekspor emas dan emas granule naik menjadi US$ 5,28 juta.

"Komoditas emas mencatat peningkatan walaupun di lain pihak emas juga impornya tinggi dan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang perlu didalami terkait ekspor impor emas," ucapnya dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3/2021).

Menurut Airlangga Indonesia memiliki pertambangan emas yang besar, selain tentunya pasar yang besar. Oleh sebab itu pemerintah berencana untuk membuat bullion bank.

"Salah satu yang sedang dikaji oleh pemerintah pembentukan bullion bank. Ini tentu nanti pak Mendag dapat mendalami bagaimana ekspor impor ini sebagian dipakai perhiasan, dimana dulu ekspor impor terkait dengan PPN dan lainnya," terangnya.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menambahkan pembentukan bullion bank tujuannya agar kegiatan dan kemampuan Indonesia mengontrol pasar emas berjalan dengan baik.

(das/fdl)