Mark Cuban Investasi Token Kripto NFT, Bisa Jual Video-Musik

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 05 Mar 2021 15:41 WIB
Mark Cuban
Foto: Reuters
Jakarta -

Token kriptografi, NFT yang tidak dapat dipertukarkan semakin banyak diminati orang. Investor dan miliuner Mark Cuban pun diketahui menjadi yang terdepan menggunakan NFT.

Baru-baru ini, karya seni digital berbasis NFT secara khusus telah terjual dengan harga ratusan ribu dolar. Menurut Cuban semakin banyak orang bertransaksi kripto ini harganya pun akan semakin stabil.

"Karena semakin banyak pendatang yang masuk ke pasar NFT, itu akan menjadi lebih efisien dan harganya akan stabil" ujar Cuban, dikutip dari CNBC, Jumat (5/3/2021).

Cuban telah menguangkan NFT dengan melelang barang digital secara online, termasuk klip video Mavs Suns Game Day Experience. Dia juga memiliki aset digital berbasis NFT, termasuk kartu "Maxi Kleber dunk Moment" yang dianggapnya dapat dikoleksi dan sama berharganya dengan kartu olahraga fisik.

Selain itu, set dunk Maxi Kleber digital lainnya telah terjual mulai dari US$ 35 hingga US$ 800 di situs web NBA Top Shot, yang digambarkan Cuban sebagai inovasi besar.

Dalam dunia olahraga, NBA Top Shot, platform NFT yang memfasilitasi pembelian dan penjualan klip pendek pemain populer, telah menghasilkan penjualan lebih dari US$ 280 juta hingga saat ini.

NFT adalah token cryptocurrency unik yang biasanya digunakan untuk jual beli karya seni digital, musik, atau film. Selain itu, dapat dibeli dan dijual, seperti aset fisik. Tetapi karena dijalankan di blockchain, buku besar digital terdesentralisasi yang mendokumentasikan transaksi, kepemilikan, dan validitas aset yang mereka wakili dapat dilacak.

Salah satu manfaat besar dari NFT adalah memungkinkan pembuat konten dibayar saat konten mereka didistribusikan di internet. Misalnya, jika seorang seniman menjual karya seni berbasis NFT mereka, pembeli dapat membeli token unik yang mewakili aset dan kemudian dapat membuktikan keaslian dan kepemilikan seni digital melalui blockchain.

Selain di dunia olahraga, baru-baru ini pada video berbasis NFT yang dibuat oleh seniman Mike Winkelmann, yang dikenal sebagai Beeple laku US$ 6,6 juta pekan lalu setelah awalnya dibeli dengan harga US$ 67 ribu.

Industri musik juga terjun ke pasar NFT, dengan band-band seperti Kings of Leon mengumumkan akan merilis album baru sebagai NFT dengan harga US$ 50. Penawaran akan dibuka selama dua minggu mulai hari Jumat siang waktu AS.

(eds/eds)