Penasaran Deh, Apa Sih yang Bikin Harga Bitcoin Cs Naik Tinggi?

- detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 14:51 WIB
Bitcoin Tycoon
Foto: Steam
Jakarta -

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi naik turunnya harga Bitcoin Cs secara tidak langsung. Salah satunya seperti regulasi suatu negara.

CEO Indodax Oscar Darmawan memberi contoh bagaimana pengaruh stimulus Amerika Serikat US$ 1,9 triliun yang akhirnya disetujui Kongres AS untuk dicairkan ke masyarakat, terhadap pergerakan harga Bitcoin. Meski tidak berdampak langsung, tapi memang ada pengaruhnya.

"Contohnya saja seperti kebijakan pemberian bantuan dolar AS kepada masyarakat Amerika kemarin. Ini kan masyarakat diberi uang dolar gratis, hal ini sebenarnya tidak mempengaruhi langsung Bitcoin tapi indirectly terpengaruh, kenapa? Karena ternyata sebagian besar bantuan-bantuan tersebut dibelikan Bitcoin, sehingga menimbulkan demand," ujar Oscar dalam program d'Mentor detikcom, Rabu (17/3/2021).

Hal lain yang bisa mempengaruhi naik turunnya harga Bitcoin Cs adalah seberapa banyak perusahaan besar yang mau menerima mata uang digital ini sebagai alat transaksi. Oscar mencontohkan saat Tesla Inc mengumumkan penerimaannya pada Bitcoin, harga mata uang kripto itu langsung melonjak tinggi. Apalagi bila perusahaan-perusahaan besar tadi juga melakukan aksi beli besar-besaran. Hal itu menciptakan demand yang sangat ketat akhirnya harga Bitcoin Cs naik.

"Perusahaan seperti Tesla pada dasarnya kalau mereka membeli dalam jumlah besar, mereka menciptakan demand yang besar padahal supply Bitcoin itu sangat terbatas, hal itu akan membuat harga Bitcoin itu naik cukup signifikan, itu alasan kenapa kemarin pas Tesla membeli Bitcoin berapa triliun rupiah itu membuat harganya naik sangat tajam," tuturnya.

Peran publik figur juga mempengaruhi naik turunnya harga Bitcoin, apalagi kalau mereka rajin mempromosikan mata uang digital tersebut. Hal itu bisa mendorong kepercayaan orang kepada mata uang digital tertentu semakin kuat, akhirnya tercipta demand yang tinggi.

"Banyak founder-founder Startup juga beli Bitcoin secara rutin, contohnya seperti Founder Twitter itu kan setiap minggu beli dalam jumlah yang besar," timpalnya.



Simak Video "Amankah Jual Beli BitCoin?"
[Gambas:Video 20detik]
(Soraya Novika/dna)