Mau Nabung di Bank tapi Ogah Biaya Admin Gede? Ini Ada yang Murah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 25 Mar 2021 10:04 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menabung di bank bisa jadi salah satu alternatif untuk menyimpan uang. Hal ini juga bisa dilakukan agar pencatatan keluar masuk uang menjadi lebih rapi karena debet dan kredit bisa tercatat dengan jelas.

Tapi setiap rekening bank pasti akan mengenakan biaya setiap bulannya. Mulai dari untuk biaya administrasi sampai biaya kartu.

Kira-kira ada nggak ya rekening tabungan yang biaya adminnya kecil atau bahkan gratis? Berikut daftar lengkapnya:

TabunganKu

Sudah tahu belum ada rekening di bank yang bernama TabunganKu? Jenis rekening ini diluncurkan pada 2010. Saat itu Bank Indonesia (BI) mengharapkan dengan program ini orang-orang makin rajin menabung karena tak dibebani biaya administrasi bulanan.

Yes biaya administrasi di rekening TabunganKu ini adalah gratis. Setoran awal yang biasanya ratusan ribu untuk TabunganKu ini hanya Rp 20 ribu. Kemudian setoran tunai selanjutnya minimum adalah Rp 10 ribu.

Ada saldo minimum yang harus mengendap yaitu Rp 20 ribu. Kemudian fasilitas tarik tunai sebesar Rp 7 juta per hari. Lalu setor tunai di ATM maksimum Rp 15 juta per hari dan transfer antar BCA maksimum Rp 25 juta. Jadi buat detikers yang mau menabung tapi malas kena biaya admin, bisa coba TabunganKu ini.

BNI Taplus Muda

Dari laman resmi bni.co.id, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) punya jenis rekening bernama BNI Taplus Muda. Biaya admin rekening yang dibebankan setiap bulannya cuma goceng alias Rp 5 ribu.

Setoran awal untuk pembukaan tabungan adalah Rp 100 ribu dan setoran minimal selanjutnya Rp 10 ribu. Untuk biaya penerbitan kartu debit BNI Taplus Muda Generik adalah gratis, tapi kalau mau personalized dikenakan biaya Rp 25 ribu. Batas penarikan tunai per hari Rp 5 juta, belanja Rp 10 juta, transfer Rp 10 juta, dan transfer antar bank Rp 10 juta.

BCA Xpresi

Dikutip dari laman bca.co.id, BCA Xpresi ini mengenakan biaya administrasi bulanan Rp 7.500. Kemudian saldo minimum ditahan sebesar Rp 10 ribu. Biaya pembuatan kartu atau ganti kartu dipatok Rp 25 ribu. Ini opsional lho, karena bisa tarik tunai tanpa kartu.

Untuk tarik tunai limitnya Rp 7 juta, transfer antar rekening BCA Rp 25 juta, transfer antar rekening BCA (ke rekening valas) Rp 15 juta dan transfer antar bank Rp 10 juta. Selanjutnya untuk debit Rp 25 juta dan setoran tunai Rp 15 juta.

TabunganMU

Jenis rekening ini dikeluarkan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Setoran awal Rp 50 ribu dan saldo ditahan Rp 50 ribu. Saldo minimum akhir bulan Rp 1 juta dan biaya administrasi sebesar Rp 1.500. Tapi jika saldo akhir kurang dari Rp 1 juta, maka biaya yang dikenakan setiap bulan adalah Rp 5 ribu.

Simak video 'Bos BCA Bicara DP KPR 0%: Tak Ada Batas Kuota, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)