Fakta-fakta Hilangnya Uang Nasabah Asuransi AIA

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 19:00 WIB
Gedung asuransi AIA di Jakarta
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Nasabah asuransi AIA yang merasa dirugikan membuat grup Facebook bernama Korban Penipuan Asuransi AIA. Di dalam grup ini ada sekitar 3 ribuan orang yang bergabung dan menyampaikan keluhan terkait uang yang diterima tidak penuh dan tidak sesuai dengan yang sudah disetorkan.

Para nasabah mengaku uang yang bisa kembali hanya sekitar 30%. Ternyata produk yang dibeli merupakan unit link atau produk asuransi berbalut investasi.

Pihak AIA juga telah menyampaikan tanggapan terkait hal tersebut. Begini fakta-faktanya:

1. Hanya Kembali Rp 32 Juta

Nasabah yang dihubungi detikcom Maria Trihartarti menceritakan 7 tahun lalu dia ditawarkan produk asuransi kesehatan oleh seorang temannya. Produk itu disebut mengcover kesehatan anak-anaknya.

"Tapi sejak awal saya tidak pernah dijelaskan jika uang akan hilang. Di AIA itu saya bayar via autodebet Rp 1 juta dan sudah masuk tahun ke 7 artinya uang sudah masuk Rp 85 juta tapi yang kembali hanya Rp 32,6 juta," kata dia saat dihubungi.

2. Agen Tidak Menjelaskan

Maria mengatakan pihak asuransi AIA memberikan penjelasan hal tersebut terjadi karena alasan ekonomi nasional sedang drop sehingga memengaruhi uang yang ada di polisnya.

Sebenarnya yang dipermasalahkan Maria dan nasabah lainnya adalah pihak agen yang tidak menjelaskan detail sejak awal. Hal tersebut benar-benar membuatnya kecewa. "Yang jadi masalah itu kan pra polis, di mana perlindungan konsumennya? Seharusnya agen atau asuransi itu menjelaskan ke masyarakat umum tentang produk-produknya jadi jangan cuma iming-imingnya saja," tambah dia.

Titin Herlianah juga menjelaskan para agen ini tidak menginformasikan dengan jelas terkait produk-produk tersebut. Biasanya para agen ini menawarkan produk kepada nasabah di kantor cabang bank.

"Sebelum beli produk asuransi itu memang harus tanya detail dulu, kalau perlu direkam tuh omongan agen waktu menjelaskan," jelas dia.

3. Tanggapan AIA

Chief Marketing Officer PT AIA Financial Lim Chet Ming mengungkapkan jika nasabah AIA selalu menjadi prioritas perusahaan. "Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik," kata dia dalam keterangan resmi.

Dia mengungkapkan sebagai pelayanan terhadap nasabah asuransi AIA memiliki AIA Customer Care Line dengan nomor 1500980 atau (021) 30001980 dan melalui email id.customer@aia.com.

Simak juga video 'Proteksi Kebutuhan Kesehatanmu dan Keluarga dengan Fitur Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)