Bareksa Buka Suara Namanya Dicatut Entitas Pemalsu Izin OJK

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 16:04 WIB
OJK
Foto: OJK
Jakarta -

PT Bareksa Portal Investasi selaku pengelola platform aplikasi Bareksa buka suara soal nama perusahaan yang tercatat dalam daftar 13 entitas keuangan yang palsukan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam keterangan yang diterima detikcom, Bareksa mengatakan awalnya ada sebuah akun palsu di Telegram yang mencatut nama Bareksa, tepatnya Bareksa Investasi. Pemilik akun Telegram itu juga memalsukan dokumen izin OJK untuk menipu dengan meminta dana secara gelap dari masyarakat.

Akhirnya Bareksa melaporkan hal ini ke OJK, dan akun palsu bernama 'Bareksa Investasi' itu disebut sebagai entitas keuangan palsu.

"Kami mohon, agar warga masyarakat waspada atas modus penipuan di Telegram yang memalsukan nama Bareksa dan dokumen izin OJK. Tolong pastikan agar mencari informasi dan bertransaksi hanya di aplikasi, situs dan media sosial resmi Bareksa," kata CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, Kamis (1/4/2021).

Karaniya menjelaskan Bareksa adalah perusahaan fintech investasi pertama di Indonesia yang mendapatkan izin resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari OJK. Izin tersebut diterbitkan dalam SK Dewan Komisioner OJK No. KEP-6/D.04/2016 pada tanggal 3 Februari 2016.

Selain memasarkan reksa dana, Bareksa merupakan mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online, seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST).

Karaniya juga mengatakan penipuan yang dilakukan pihak yang mencatut nama Bareksa muncul lewat aplikasi berbalas pesan Telegram. Sejumlah akun dan grup palsu di Telegram muncul mencatut nama Bareksa untuk menghimpun dana masyarakat secara ilegal dengan mengiming-imingi nilai keuntungan yang pasti.

Padahal, channel Telegram Bareksa yang resmi hanya bisa diakses untuk pengguna yang mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Bareksa. Akun yang mencatut nama Bareksa juga memalsukan dokumen izin OJK dan mengklaim telah memiliki izin trading dan investasi.

Lihat juga video 'Tersangka Kasus Abaikan OJK Sadikin Aksa Batal Penuhi Panggilan Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Apa saja entitas yang memiliki izin palsu OJK? klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2