Terdakwa Piter: Kasus Jiwasraya Bikin Panik Investor Pasar Modal

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 05 Apr 2021 19:05 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya Dibanjiri Karangan Bunga
Foto: Dok. Jiwasraya
Jakarta -

Nota keberatan pribadi terdakwa kasus PT Asuransi Jiwasraya (AJS), Piter Rasiman telah disampaikan. Menurutnya apa yang terjadi dalam rentetan kasus ini bisa membuat panik investor di pasar modal.

Dalam nota keberatannya, Piter menyebutkan, bahwa segala bentuk transaksi yang dilakukannya selalu dalam koridor hukum sebagaimana yang diatur dalam berbagai Peraturan Pasar Modal.

"Terbukti hingga saat ini saya sama sekali tidak pernah menerima sanksi dari Bursa Efek Indonesia (BEI), OJK ataupun lembaga lainnya yang terkait (kasus Jiwasraya). Jika ada kesalahan dalam melakukan transaksi yang saya lakukan, tentunya menjadi ranah permasalahan Hukum Pasar Modal, sebagaimana dalil Jaksa Penuntut Umum yang lebih banyak menguraikan peraturan di bidang Pasar Modal," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (5/4/2021).

Dia menjelaskan, terdapat 117 emiten dalam portofolio PT. AJS yang disebutkan dibeli Piter dalam Surat Dakwaan Penuntut Umum. Namun tidak diuraikan sama sekali saham mana yang dibeli atau nominee darinya.

Surat dakwaan tersebut juga tidak menguraikan dari mana masing-masing saham tersebut didapat. Oleh karena itu menurutnya tidak masuk akal jika dikatakan seluruh saham tersebut dikatakan dibeli darinya.

"Apa buktinya? Apakah ada aliran uangnya ke saya atau nominee saya? Kalau dikatakan seluruh saham (Jiwasraya) tersebut dibeli dari saya, tentu saya sudah masuk dalam 20 besar orang terkaya di Indonesia," ujarnya.

Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Tag Terpopuler