BI Larang Kreator TikTok Bikin Konten yang Turunkan Wibawa Rupiah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 14 Apr 2021 18:05 WIB
Logo Bank Indonesia
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) meminta masyarakat untuk mencintai rupiah sebagai simbol negara. Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menyebutkan saat ini ada konten kreator yang menjadikan uang rupiah sebagai bahan konten yang menurunkan kewibawaan rupiah.

Marlison menyebut ada sebuah konten video di TikTok yang menggunakan rupiah termasuk gambar pahlawan. Hal tersebut diharapkan tidak dilakukan.

"Kami ajak masyarakat 'tidak' melakukan upaya perusakan, pemotongan termasuk mengubah rupiah hingga menurunkan wibawa rupiah itu sendiri. Kemarin ada masyarakat yang dengan kreatifnya membuat video TikTok dari gambar pahlawan rupiah kita, itu masuk dalam kategori menurunkan wibawa rupiah," kata dia dalam Taklimat Media, Rabu (14/4/2021).

Marlison mengajak masyarakat untuk cinta, menjaga dan memahami rupiah. Dalam video berdurasi 59 detik itu, terlihat ada berbagai uang pecahan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 100.000 yang tersusun rapi.

Uang rupiah yang tertera wajah Pahlawan Indonesia seperti Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta pada pecahan Rp 100 ribu, kemudian ada pula tokoh pahlawan Ir. H. Raden Djoenda Kartawidjaja dalam pecahan Rp 50 ribu, dan sebagainya itu dibuat seolah bisa bergerak dan mengeluarkan suara lipsync lagu O-Zone Dragostea Din Tei.

"Cinta rupiah dengan mengenali, merawat, dan menjaga. Bangga rupiah sebagai simbol kedaulatan, pembayaran yang sah, dan pemersatu bangsa. Serta paham rupiah dalam bertransaksi, berbelanja, dan berhemat," tambah dia.

(kil/fdl)