PT Pegadaian Vs Gadai Pinggir Jalan, Mana Lebih Murah?

ADVERTISEMENT

PT Pegadaian Vs Gadai Pinggir Jalan, Mana Lebih Murah?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 16:28 WIB
PT Pegadaian pangkas bunga gadai jadi 0,75%
Foto: Dok. PT Pegadaian

Dia menambahkan, secara umum gadai di Pegadaian tidak sulit. Masyarakat cukup ke kantor Pegadaian dengan membawa kartu identitas beserta barang yang akan digadaikan.

"Secara umum kalau gadai nggak sulit to, tinggal bawa KTP bawa barang, ditaksir gitu aja," katanya.

Sementara berdasarkan penelusuran detikcom, ada gadai pinggir jalan menawarkan pinjaman dengan tenor 1 bulan. Bunga yang ditawarkan terbagi menjadi dua yakni 5% untuk 2 minggu dan 10% untuk sebulan.

Salah satu karyawan gadai pinggir jalan, Rani menjelaskan, tenor bisa diperpanjang dengan pembayaran bunga. Namun, pembayaran bunga ini tidak mengurangi pokok pinjaman. "Diperpanjang itu nggak ngurangi pinjaman, kecuali plus angsur," katanya.

Sebagai gambaran, jika Anda meminjam Rp 1 juta maka untuk melunasi bulan depan harus membayar Rp 1,1 juta dengan ketentuan bunga 10% per bulan tadi. Nah, sampai pada waktunya Anda belum bisa melunasi, maka Anda bisa memperpanjangnya dengan membayar bunga lagi.

Misalnya, pada bulan depan Anda hanya bisa membayar pokok Rp 500 ribu, maka yang harus dibayarkan adalah Rp 600 dengan ketentuan bunga 10% dari pokok Rp 1 juta. Kemudian, untuk bulan depannya lagi dengan sisa pokok Rp 500 ribu, maka bisa diperpanjang dengan membayar bunga 10% atau Rp 50 ribu dari sisa pokok, jadi totalnya Rp 550 ribu. Begitu seterusnyanya sampai pokok habis.

Syarat untuk meminjam ini mudah, hanya bermodal KTP atau SIM dan membawa barang yang digadai. Pencairannya pun cepat yakni sekitar 15 menit. Barang batangan atau tanpa kardus pun bisa digadai, tapi sekali lagi tergantung tipe barang.

Dia bilang, jika tidak ada pembayaran dalam sebulan maka barang akan 'hangus', Ia sendiri tak tahu nasib barang yang hangus tersebut karena akan dioper ke Surabaya. "Kalau sebulan nggak ada pembayaran hangus," katanya.


(acd/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT