PT Pegadaian Vs Gadai Pinggir Jalan, Mana Lebih Murah?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 16:28 WIB
PT Pegadaian pangkas bunga gadai jadi 0,75%
Foto: Dok. PT Pegadaian
Jakarta -

Ada banyak alternatif bagi masyarakat untuk memperoleh dana dengan waktu singkat. Salah satunya dengan cara gadai barang.

Secara umum, ada beberapa tempat gadai yang diketahui masyarakat, yakni lewat PT Pegadaian (Persero) dan gadai pinggir jalan. Lalu, mana yang lebih murah?

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian, Basuki Tri Andayani menjelaskan, perusahaan memiliki beberapa produk yang ditawarkan masyarakat. Di saat pandemi, Pegadaian memiliki program gadai tanpa bunga (bunga 0%) untuk pinjaman sampai dengan Rp 1 juta yang diperpanjang sampai Juni 2021.

"Iya, itu memang program selama COVID itu diperpanjang bunga 0% sampai 1 juta waktunya sampai 90 hari," katanya kepada detikcom, Selasa (20/4/2021).

Di samping itu, Pegadaian juga baru saja meluncurkan produk cicil harian. Produk ini untuk memfasilitasi pengusaha yang butuh dana jangka sangat pendek.

"Pegadaian juga baru saja meluncurkan fitur bunga harian dengan tarif tiap Rp 1 juta dikenakan bunga Rp 900 per hari," katanya.

Lanjutnya, untuk jumlah yang lebih besar nasabah bisa memanfaatkan produk lain. Basuki bilang, bunga yang ditawarkan variatif tergantung besarnya pinjaman. Tapi, dia bilang, rata-rata paling tinggi 2% per bulan.

"Kalau bunganya rata-rata masih paling tinggi sekitar 2% sebulan, paling tinggi itu. Kan ada cuma 0,75% per 15 hari, kan bervariasi tergantung besarnya pinjaman," jelasnya.

Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2