Viral PayLater Traveloka Bikin Skor Kredit Jelek, Ini Kronologinya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 08:52 WIB
Traveloka.
Foto: (dok Traveloka)

Menanggapi hal tersebut Traveloka meminta maaf atas ketidaknyamanan terkait Traveloka PayLater ini. Head of Corporate Communications, Reza Amirul Juniarshah mengungkapkan ketika ada laporan tersebut pihak Traveloka langsung menjalankan investigasi internal dan pihak terkait.

"Kami juga segera menerbitkan Surat Keterangan Penghapusan Tagihan atas nama pengguna tersebut di PT Caturnusa Sejahtera Finance. Kami juga telah menghubungi pengguna untuk menawarkan solusi kami dan dapat diterima dengan baik oleh beliau," kata Reza kepada detikcom.

Untuk menjaga dan meningkatkan produk dan layanan Traveloka PayLater, Reza menyebut terus meningkatkan prosedur maupun sistem keamanan yang diterapkan.

Reza mengatakan untuk Traveloka PayLater sudah diterapkan sistem KYC berlapis dengan matriks yang komprehensif untuk memastikan keamanan dan kecocokan data yang diajukan oleh pengguna.

Salah satu prosedur KYC yang diterapkan yaitu memastikan jika pengguna mengunggah foto KTP dan foto diri, serta pengecekan langsung ke dukcapil terderkat.

"Kami akan terus menjaga dan memperketat prosedur dan sistem sehingga dapat menghindari isu serupa di kemudian hari," tambah dia.


(kil/ara)