Wakaf Uang Kini Bisa di Tokopedia Salam, Mulai dari Rp 10 Ribu

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Rabu, 28 Apr 2021 17:54 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia meluncurkan fitur Wakaf Uang di Tokopedia Salam. Fitur ini merupakan hasil kolaborasi bersama sejumlah lembaga, seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan fitur Wakaf Uang akan mempermudah masyarakat dalam menjalankan ibadah dan berbagai kebahagiaan kepada sesama. Sekaligus mendorong pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia.

"Peran teknologi menjadi semakin krusial untuk mempermudah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk menjalankan ibadah. Mulai dari Rp10.000, kini siapapun bisa membantu meningkatkan kesejahteraan sesama melalui fitur Wakaf Uang di Tokopedia," ujar Astri dalam keterangan tertulis, Rabu (28/4/2021).

Astri menambahkan, kehadiran fitur Wakaf Uang juga menjadi wujud dukungan Tokopedia terhadap Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digagas oleh pemerintah.

Selain Wakaf Uang, lanjutnya, Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam, seperti fitur Donasi, Zakat, Fidyah, Kotak Amal dan Qurban.

Lebih lanjut dia menjelaskan, selama Ramadhan 2020 nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2019. Pengguna Tokopedia juga telah mengumpulkan hampir Rp 80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban sepanjang 2020.

"Tokopedia melalui Tokopedia Salam akan terus mendukung upaya pemerintah mewujudkan ekosistem ekonomi syariah yang semakin maju lewat pemanfaatan teknologi," terangnya.

Di sisi lain, Ketua Badan Pelaksana BWI, Mohammad Nuh menjelaskan wakaf uang selain menjadi sarana ibadah juga memiliki peran dan fungsi sosial-ekonomi karena mendorong kemandirian ekonomi negara.

"Hal ini menjadi semakin mudah melalui kolaborasi antara BWI dan platform digital seperti Tokopedia. Juga sejalan dengan arah transformasi digital yang kita galakkan," katanya.

Diungkapkan Nuh, dengan mewakafkan uang masyarakat bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi.

"Aksi gerakan wakaf berdampak sosial luar biasa. Kekuatan wakaf di kami dan kita. Saya ini siapa? Yang saya miliki tidak ada apa-apanya. Hari ini mindset-nya harus diubah dari kompetisi menjadi sinergi. Mari kita membangun tradisi memberi untuk menjadi umat terbaik. Saya kira itu substansi perwakafan. Hasilnya adalah kesejahteraan, dakwah dan kemartabatan," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rahardjo mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Tokopedia dengan menggandeng sejumlah lembaga. Dia menilai, Wakaf Uang bisa mempercepat pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

"Platform digital seperti Tokopedia memegang peranan penting dalam menyosialisasikan industri halal sekaligus mendorong literasi wakaf di Indonesia. Semoga inisiatif ini bisa mempercepat pengembangan ekonomi syariah demi memperkuat ketahanan nasional," pungkasnya.



Simak Video "Wapres Ingin Ulama Dan Mubaligh Ikut Sosialisasikan Wakaf Uang"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)