Era Bank Digital, Mau ke Customer Service Tinggal Kirim WhatsApp

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 01 Mei 2021 16:00 WIB
MENIMBANG PENDIRIAN BANK DIGITAL DI INDONESIA
Ilustrasi/Foto: detik
Jakarta -

Transformasi digital menjadi sebuah keharusan untuk sektor keuangan, khususnya perbankan. Saat ini nasabah menginginkan layanan yang cepat dan efisien.

Hal ini menyebabkan layanan pengaduan atau transaksi di kantor cabang sudah mulai berkurang. Sejumlah bank mulai berinovasi menghadirkan layanan virtual assistant berupa chatbot.

Dengan chatbot ini, nasabah bisa langsung menanyakan informasi yang mereka inginkan melalui gadget yang mereka miliki. Jadi, nasabah tak perlu lagi melakukan panggilan telepon ke customer service.

Salah satunya Bank Sinarmas yang menghadirkan layanan virtual assistant bernama Prissa atau Personal Intelligent Sales and Service Assistant yang siap melayani tanya jawab melalui WhatsApp di nomor +6288221500153.

Direktur Utama Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengungkapkan Bank Sinarmas berkomitmen untuk menjadi Bank Digital terdepan di Indonesia dengan menghadirkan fitur digital terbaru.

"Teknologi dan inovasi PRISSA sebagai virtual assistant nasabah terus dikembangkan demi memberikan pelayanan yang nyaman, guna meningkatkan kepuasan nasabah," kata dia dalam siaran pers, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Frenky dengan chatbot ini, pelayanan dari customer care bisa berlangsung interaktif dan lebih praktis. Karena penggunanya tak perlu lagi melakukan panggilan ke contact center.

Informasi penting yang didapatkan seperti info promo, info kurs, info layanan SimobiPlus, mencari lokasi ATM terdekat dan info lainnya hanya dengan chat WhatsApp PRISSA.

Kemudian mulai 1 April 2021 masyarakat yang sudah berinvestasi di saham dan reksadana bisa mendapatkan informasi tentang harga saham di BEJ tanpa perlu lagi login ke aplikasi trading saham. Cukup tanya ke PRISSA, maka harga saham sudah langsung tampil di WhatsApp.

Sebelumnya Bank Sinarmas juga telah meluncurkan SimasDigi di mana nasabah dapat membuka rekening tabungan secara 100% online fitur Digital Account Opening.

(kil/eds)