Ingat! Jangan Beri Parsel ke Pegawai OJK

Nadhifa Sarah Amalia - detikFinance
Rabu, 05 Mei 2021 15:15 WIB
OJK
Foto: dok. OJK
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengingatkan seluruh stakeholders, rekanan dan mitra kerja agar tidak memberikan bingkisan, hadiah, ataupun parsel dalam bentuk apapun kepada seluruh jajaran OJK. Pemberian bingkisan atau parsel biasanya dilakukan menjelang hari raya.

Namun aturan tersebut berlaku untuk seluruh Hari Raya Keagamaan maupun hari-hari lainnya.

"OJK berkomitmen untuk terus menjaga prinsip tata kelola yang baik (good governance) dan menerapkan Program Pengendalian Gratifikasi OJK, termasuk saat menjelang Hari Raya Idul Fitri," tulis OJK dalam keterangan tertulis, Rabu (5/5/2021).


Larangan tersebut disosialisasikan menjelang hari keagamaan agar menciptakan tata kelola OJK yang baik, berintegritas dan anti gratifikasi.

"Dukungan dari seluruh stakeholders sangat kami harapkan demi terwujudnya tata kelola OJK yang baik, berintegritas dan anti gratifikasi," lanjutnya.

OJK juga membuka layanan pengaduan bagi siapa saja yang mengetahui adanya pemberian hadiah, bingkisan, atau parsel kepada internal OJK agar melaporkan ke sistem OJK Whistleblowing System (OJK WBS).

"Apabila ada pihak-pihak yang mengetahui adanya pelanggaran oleh pihak internal OJK terhadap komitmen tersebut, kami mohon kesediaannya untuk melaporkan melalui OJK Whistleblowing System (OJK WBS) di www.ojk.go.id/wbs," pungkasnya.

(prf/hns)