Viral 'Uang' Pecahan 1.0 di TikTok, Persiapan Redenominasi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 10 Mei 2021 15:21 WIB
Kantor Perum Peruri
Foto: Dok. Perum Peruri
Jakarta -

Ramai video di TikTok uang kertas 1.0. Dalam video berdurasi 13 detik itu bertuliskan 'Ngasih THR pake uang pecahan ini lucu kali ya?' tulis akun @puspotv. Apakah itu uang redenominasi?

Dari video tersebut ada pengguna TikTok yang menanyakan terkait keaslian uang tersebut. "Uang rupiah beneran mau redenominasi ya?" tanya akun *bint*ng**ec*il.

Kemudian ada juga akun Ag*s*eti*w*n yang menyebut "Ini namanya redenominasi, mudah-mudahan ekonomi kuat dan segera diwujudkan, kebanyakan nolnya ribet" tulisnya.

Menanggapi hal tersebut Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengungkapkan yang beredar di media sosial bukanlah uang rupiah, tapi House Note yang merupakan spesimen yang memuat seluruh fitur sekuriti yang dilakukan oleh Peruri.

Dia menyebutkan hal ini lazim dilakukan oleh para pencetak uang untuk menerbitkan House Note masing-masing. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kompetensi dan kemampuan maksimal pencetak uang.

"Spesimen 1.0 tersebut dicetak pada 2015, sedangkan saat ini Peruri sudah memiliki yang 3.0 sesuai dengan pengembangan fitur sekuriti yang mampu dilakukan oleh Peruri. memang beberapa periode tertentu Peruri selalu membuat House Note tersebut," ujar dia kepada detikcom, Senin (10/5/2021).

Adi mengatakan spesimen tersebut digunakan sebagai marketing tools untuk mempromosikan kemampuan perusahaan dalam mencetak fitur sekuriti.

Dia menyebutkan House Note adalah spesimen yang tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah, karena tidak memiliki ciri-ciri uang rupiah seperti yang tertuang dalam UU Mata Uang.

"Jadi tidak benar itu contoh redenominasi," tambah dia.

Tonton juga Video: Heboh Uang Rupiah Redenominasi Bergambar Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)