Lagi-lagi Elon Musk Bikin Bitcoin cs Mantul bak Bola Bekel

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 21:45 WIB
Elon Musk Ngopi Mars
Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta -

Harga bitcoin cs hari ini memantul bagaikan bola bekel. Setelah sempat anjlok cukup dalam, mata uang kripto kembali memantul.

Pergerakan bitcoin cs hari ini lagi-lagi berkat ulah Bos Tesla, Elon Musk. Dalam tweet terbarunya, Musk mengatakan "Tesla belum menjual bitcoin apapun".

Pernyataan itu merupakan klarifikasi setelah sebelumnya dia menulis di akun Twitternya bahwa Tesla tengah mempertimbangkan untuk menjual sebagian dari kepemilikannya yang sangat besar di Bitcoin.

Melansir Reuters, Senin (17/5/2021), Bitcoin hari ini sempat turun lebih dari 9% ke level US$ 42.185. Angka itu merupakan yang terendah sejak 8 Februari lalu. Namun harga Bitcoin rally kembali ke sekitar US$ 45.190.

Ethereum juga sempat jatuh ke level US$ 3.123,94, dan kemudian memantul kembali ke US$ 3.540. Dogecoin turun hampir 7%, dan ketiganya berada di bawah rekor terbaru.

"Tidak ada hal baru yang dapat saya katakan tentang bitcoin, mudah berubah, sangat spekulatif, mudah dimanipulasi," kata kepala analis pasar di Markets.com Neil Wilson.

Tesla mengungkapkan pada bulan Februari bahwa mereka telah membeli bitcoin senilai US$ 1,5 miliar. Pada akhir April, Musk mengatakan perusahaan menjual 10% kepemilikannya untuk membuktikan likuiditas.

Bitcoin, yang didorong sebagai alat pembayaran kenyataannya hingga saat ini hanya sedikit negara yang menerimanya. Salah satu alasannya karena Bitcoin memiliki volatilitas tinggi dan transaksi yang relatif mahal.

Mata uang digital paling populer sekarang telah turun sepertiga dari rekor tertingginya pada pertengahan April lalu. Menurut data aliran dana JPMorgan menunjukkan, investor keluar dari Bitcoin dalam beberapa pekan terakhir.

Pada hari Rabu, Musk mengatakan Tesla tidak jadi menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran untuk membeli mobilnya. Alasannya karena masalah lingkungan. Proses penambangan bitcoin membutuhkan energi listrik yang besar yang juga berasal dari pembangkit yang tidak ramah lingkungan.

Simak video 'Elon Musk dengan Kontroversi Bitcoin-Dogecoin di Twitter':

[Gambas:Video 20detik]



(das/dna)