Benarkah Biaya Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Lebih Mahal?

Inkana Putri - detikFinance
Jumat, 21 Mei 2021 20:45 WIB
Mulai 1 Juni 2021, transaksi di ATM Link/Bank Himbara tak gratis lagi. Nantinya, transaksi di ATM Link akan dikenakan biaya mulai Rp 2.500 hingga Rp 5.000.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Baru-baru ini, masyarakat khususnya nasabah bank BUMN diramaikan dengan pemberlakuan biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link (Bank Himbara). Adapun aturan ini akan berlaku mulai 1 Juni 2021 hingga adanya penyesuaian di kemudian hari.

Soal pemberlakukan biaya ini, untuk transaksi cek saldo menjadi Rp 2.500, dari sebelumnya gratis. Sedangkan biaya tarik tunai menjadi Rp 5.000, dan transaksi transfer antar bank tidak dilakukan perubahan biaya atau tetap dikenakan tarif Rp 4.000.

Lalu, apakah benar tarif baru ATM Link lebih mahal jika dibandingkan yang lain?

Jaringan seperti ATM Link pada dasarnya bukan hanya dimiliki Himbara. Ada pula ATM Prima dan ATM Bersama yang dapat digunakan oleh seluruh nasabah bank yang menggunakan jaringan tersebut.

Salah satunya ATM Prima, untuk transaksi cek saldo, biaya yang dikenakan sebesar Rp 4.000. Sementara untuk tarik tunai dikenakan biaya Rp 7.500, dan transfer antar bank dikenakan Rp 6.500.

Tarif serupa juga berlaku pada jaringan ATM bersama, yaitu Rp 4.000 untuk cek saldo, tarik tunai Rp 7.500 dan transfer antar bank Rp 6.500. Dengan demikian, untuk transaksi di ATM Bersama dan ATM Prima, biaya lebih besar daripada kartu bank Himbara bertransaksi di ATM Link.

Sementara itu, untuk transaksi cek saldo dan tarik tunai nasabah di jaringan ATM masing-masing bank tidak dilakukan perubahan biaya atau tetap mengikuti ketentuan dari masing-masing bank. Seperti halnya transaksi kartu Bank Mandiri di ATM Bank Mandiri tidak akan dikenakan biaya.

Terkait kebijakan ini, Himbara bertujuan mendorong GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) dan mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi. Kebijakan ini juga dilakukan guna mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi di ATM Himbara dan merupakan bentuk bisnis yang sehat dan berkelanjutan.

Di samping itu, upaya ini juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan, dan kualitas layanan sehingga menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Selain itu, untuk transaksi yang lebih praktis, mudah dan juga lebih murah, Himbara mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital. Salah satunya dengan menggunakan Internet Banking maupun Mobile Banking dari masing-masing bank Himbara.

(ega/hns)