Dorong Transaksi Non Tunai, BRI Ajak Nasabah Pakai Aplikasi BRImo

Angga Laraspati - detikFinance
Minggu, 23 Mei 2021 16:15 WIB
Aplikasi BRImo memudahkan nasabah melakukan transaksi non tunai.
Foto: Bank BRI
Jakarta -

Bank BRI gencar mengedukasi masyarakat dan nasabahnya untuk memanfaatkan transaksi keuangan non tunai (cashless) di era yang baru. Hal ini dilakukan untuk mengurangi interaksi kontak fisik termasuk dalam bertransaksi.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan nasabah BRI dapat bertransaksi dengan Kartu Debit BRI melalui 16.538 mesin ATM-BRI dan 5.700 mesin CRM-BRI yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa ada penyesuaian biaya.

"Khusus nasabah dengan Kartu Debit BRI, untuk transaksi cek saldo dan tarik tunai, bahkan transfer sesama BRI di ATM-BRI tidak dipungut biaya sedikitpun atau gratis," ungkap Aestika dalam keterangan tertulis, Minggu (23/5/2021).

Aestika menuturkan banyak keuntungan yang diperoleh oleh nasabah BRI, salah satunya adalah bertransaksi di jaringan ATM Link. BRI yang masuk menjadi anggota Himbara menjadikan nasabahnya dapat bertransaksi dengan Kartu Debit BRI di 45 ribu ATM bank Himbara lain.

Adapun biaya transaksi selain di ATM Link pada umumnya sebesar Rp 4.000 (cek saldo), Rp 7.500 (tarik tunai), Rp 6.500 (transfer).

Meski begitu, Aestika menuturkan penggunaan transaksi keuangan non tunai merupakan sebuah pilihan bijak di era new normal, karena lebih praktis, mudah dan mencegah penularan COVID-19 karena tanpa kontak fisik.

"Selama pandemi transaksi nasabah BRI berubah dari konvensional menuju digital. Masyarakat sekarang ini cenderung serba digital. Transaksi nontunai menjadi pilihan bijak masa kini," ujarnya.

Untuk itu, BRI mendorong nasabah dan masyarakat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. BRI juga mempunyai sebuah layanan keuangan digital melalui sejumlah kanal daring, mulai dari aplikasi BRIMo, Internet Banking BRI, hingga Mobile/SMS Banking BRI.

Seperti halnya transaksi nasabah dengan Kartu Debit BRI di ATM-BRI, layanan cek saldo melalui BRImo, Internet Banking BRI dan Mobile Banking BRI juga tidak dikenakan biaya atau gratis. Bahkan untuk transfer sesama BRI melalui BRImo, Internet Banking BRI, maupun ATM-BRI juga tidak dipungut biaya.

Khusus aplikasi BRImo, ini merupakan aplikasi yang mengintegrasikan beberapa aplikasi e-banking BRI yang dapat diakses melalui gawai (iPhone dan android) serta aplikasi tambahan lainnya. BRI juga telah mengembangkannya menjadi SuperApps dan ditargetkan akan menjadi supermarket finansial.

Ada sejumlah fitur unggulan pada aplikasi BRImo, antara lain pembukaan rekening secara digital, tarik tunai tanpa kartu, info mutasi sampai dengan 12 bulan, info saldo dan poin, transfer, pembelian, hingga pembayaran. BRImo juga menunjang kenyamanan dan kepraktisan penggunanya yaitu bisa login menggunakan fingerprint.

"Kami berkomitmen terus mengedukasi dan senantiasa mengajak masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai melalui layanan keuangan digital agar semua transaksi dan urusan keuangan nasabah menjadi bisa lebih cepat dan mudah," kata Aestika.



Simak Video "Para Srikandi Tangguh di Perairan Demak"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)