Ini Jadwal Blokir Kartu ATM Model 'Gesek', Yuk Ganti yang Baru!

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 22 Mei 2021 23:00 WIB
Illustrasi Kartu ATM dengan Chip
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemilik kartu debit ATM model magnetic stripes harus segera mengganti kartu baru berbasis chip di cabang bank-bank terdekat. Sejumlah bank telah menentukan batas waktu penukaran ke kartu debit chip.

Beberapa bank juga telah menginformasikan cara menukarkan kartu, lokasinya, beserta batas waktunya. Dikutip dari CNBC Indonesia, berikut rinciannya:

1. BCA

Terdapat dua tempat penukaran kartu magnetic stripe yakni melalui layanan customer service di cabang BCA seluruh Indonesia. BCA juga membuka layanannya di mesin dengan self service yakni mesin CS Digital dengan lokasinya dapat dilihat pada laman resmi bank.

Kartu magnetic stripe BCA sudah tidak bisa digunakan lagi per 1 Januari 2022 mendatang.

2. Bank Mandiri

Pemegang kartu magnetic stripe Mandiri dapat menukarkan nya di cabang terdekat. Penukaran dilakukan secara gratis. Untuk menukarkan kartu, nasabah hanya harus membawa kartu identitas diri serta debit magnetic stripe.

Mandiri memiliki dua jadwal pemblokiran dalam program Cleansing Mandiri Debit Magnetic. Dua waktu tersebut adalah kartu dengan expiry date 2023-2025 pada 1 Juni 2021, dan 2026-2030 pada 1 Juli 2021.

3. BTN

Pemegang kartu non chip BTN dapat menukarkan kartu nya di seluruh outlet. Penggantian kartu juga bersifat gratis. BTN memutuskan kartu non chip mereka tidak bisa digunakan lagi mulai 7 Juni 2021 mendatang. Namun keputusan tersebut tidak berlaku untuk sejumlah kartu yakni ATM Bansos, KTM dan Kartu ATM Cermat.

4. Bank Danamon

Dalam akun Twitter resminya, Bank Danamon membuka kesempatan para nasabahnya bisa melakukan penukaran di cabang bank terdekat. Sama seperti lainnya, penggantian kartu juga tidak dipungut biaya. Danamon mengingatkan kebijakan penggantian kartu itu dilakukan hingga 31 Desember 2021 mendatang.

5. BRI

Penggantian kartu magnetic stripe dapat dilakukan di 9000 unit kerja seluruh Indonesia dan gratis. Nasabah dapat melakukan penukaran hingga akhir tahun ini.

BRI mengklaim hingga Februari lalu, migrasi kartu mencapai 82%. Direktur Bisnis Konsumen BRI, Handayani menyebutkan seluruh migrasi kartu 100% akan terjadi pada September 2021, seperti dikutip dari laman resmi BRI.

(toy/eds)