Gratis! Yuk Intip Biaya Transaksi di ATM BNI

Yudistira Imandiar - detikFinance
Senin, 24 Mei 2021 18:05 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

Mulai 1 Juni 2021, nasabah bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dikenakan biaya untuk cek saldo dan tarik tunai melalui ATM Link. Biaya cek saldo dipatok Rp 2500, dan Rp 5000 untuk tarik tunai, sedangkan biaya transfer tetap Rp 4000.

Biaya tersebut dikenakan jika nasabah bank anggota Himbara menggunakan ATM dari bank Himbara lain. Misalnya, nasabah BNI cek saldo atau tarik tunai di ATM milik bank BUMN lain. Tapi, jika kartu ATM BNI digunakan untuk cek saldo atau tarik tunai di mesin ATM BNI, maka biayanya akan tetap Rp 0.

"Adapun penetapan biaya untuk cek saldo dan tarik tunai pada jaringan ATM Link merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk memastikan agar kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di ATM Himbara dapat dinikmati secara terus menerus, dan tetap lebih hemat dibandingkan dengan jaringan ATM sejenis di industri perbankan Indonesia," jelas Corporate Secretary BNI Mucharom dalam keterangan tertulis, Senin (24/5/2021).

Selain membentuk healthy business yang berkelanjutan, imbuh Mucharom, penyesuaian tarif pada ATM Himbara ini juga merupakan komitmen untuk meningkatkan fitur layanan yang menarik, jaringan ATM yang lebih banyak, kecepatan transaksi, dan keamanan.

Mucharom menjelaskan pada awalnya jaringan ATM Link yang digunakan oleh bank-bank Himbara dikembangkan melalui jaringan ATM Merah Putih pada Desember 2015. Saat ini jaringan ATM Link di seluruh Indonesia tercatat lebih dari 45.000 unit.

Biaya cek saldo dan tarik tunai yang dikenakan kepada nasabah bank anggota Himbara, sebut Mucharom, lebih hemat jika dibandingkan dengan biaya transaksi di luar ATM Link. Ia menguraikan biaya transaksi di luar ATM Link tersebut sebesar Rp 4.000 untuk cek saldo, Rp 7.500 untuk tarik tunai, dan Rp 6.500 untuk transfer.

Selain itu, untuk transaksi yang lebih praktis, mudah dan juga lebih murah, Mucharom menyampaikan Himbara mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashles. Transaksi dalam dilakukan melalui platform digital, seperti menggunakan Internet Banking maupun Mobile Banking dari masing-masing bank Himbara.

Ia menambahkan untuk nasabah BNI juga tetap dapat memanfaatkan layanan E-Channel BNI seperti BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, dan ATM BNI. Tidak ada perubahan biaya untuk E-Channel BNI. Apabila mengalami kendala, nasabah dapat menghubungi call center 1500046.

Mucharom menyatakan BNI melakukan inovasi layanan digital bagi nasabah, salah satunya untuk penarikan tunai tanpa kartu di ATM menggunakan fitur Mobile Tunai yang tersedia di BNI Mobile Banking. Hal itu dikatakannya membuat penarikan dana tunai bagi diri sendiri maupun orang lain lebih mudah tanpa perlu membawa kartu debit.

(mul/ega)