Cek di Sini Jadwal Pemblokiran Kartu ATM BCA, Mandiri, dan BTN

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 04 Jun 2021 10:12 WIB
Pembayaran non tunai dengan kartu VISA MasterCard
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Untuk pemegang kartu ATM yang masih menggunakan magnetic stripe, diminta untuk mengganti kartu yang sudah menggunakan chip.

Hal ini sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia (BI) tentang kartu ATM berteknologi chip. Bank-bank sudah memberikan informasi terkait cara penukaran kartu, lokasi hingga batas akhir penukaran.

Berikut jadwal penukarannya:

BCA

Bank Central Asia (BCA) menyediakan dua alternatif penukaran kartu magnetic stripe yakni layanan customer service di cabang BCA seluruh Indonesia. Kemudian BCA juga punya mesin self service di mesin CS digital. Untuk lokasinya bisa dilihat di laman resmi bank ya. Untuk kartu magnetic stripe BCA tak bisa lagi digunakan per 1 Januari tahun depan.

Bank Mandiri

Bank pelat merah ini memiliki jadwal pemblokiran dalam program Cleansing Mandiri Debit Magnetic. Berlaku untuk kartu ATM dengan expired date 2023 - 2025 pada 1 Juni 2021, kemudian 2026-2030 pada 1 Juli 2021.

Bank Mandiri menyebut penukaran ini dilakukan secara gratis hanya dengan membawa kartu lama untuk ditukar dan membawa kartu identitas diri.

BTN

Untuk nasabah BTN yang kartu ATM-nya masih non chip atau magnetic stripe bisa menukarkan kartu di kantor cabang BTN. Penggantian ini tak dikenakan biaya. Untuk kartu non chip tak bisa lagi digunakan mulai 7 Juni 2021. Tapi ini tidak berlak untuk sejumlah kartu yakni kartu ATM Bansos, KTM dan kartu ATM Cermat.

Lihat juga video 'Sri Mulyani: Kondisi Ekonomi Dunia 2020 Terburuk dalam 150 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)

Tag Terpopuler