Nasabah Perhatikan! Ini Tips Aman Transaksi di Mesin ATM

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 16:11 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto

Nah untuk menghindari hal tersebut, Ruby membagikan tips aman menyimpan uang dan bertransaksi di mesin ATM. Pertama, biasakan jika membuat kartu ATM yang ada nama pemegangnya.

"Jadi kalau bikin kartu ATM harus ada namanya, memang sekarang di bank instan langsung jadi nggak perlu pakai nama. Tapi ini penting, sebagai tanda oh ini kartu punya kita," jelas dia.

Kemudian, selalu menutup papan tombol ketika memasukkan nomor PIN, di manapun dan dalam kondisi apapun. Hal ini agar tak bisa terlihat oleh orang lain.

Selanjutnya, jika memang terjadi masalah pada kartu ATM di mesin yang sedang digunakan. Jangan pernah menerima bantuan dari orang lain yang tidak dikenal. Lebih baik langsung minta bantuan ke security atau menelepon call center resmi.

"Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik minta tolong ke security atau telepon call center ya," tambah dia.


(kil/fdl)