Wealth Management Kinclong, BRI Diganjar 3 Penghargaan

Nadhifa Sarah Amalia - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 20:20 WIB
Gedung BRI
Foto: Shutterstock
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI), mendapatkan tiga penghargaan dari Asiamoney dari 5 kategori Asia Private Banking Award. Penghargaan yang didapatkan antara lain Best for HNWI in Indonesia 2021, Best for Wealth Transfer/Succession Planning in Indonesia 2021, dan Best Domestic Private Bank in Indonesia 2021.

Terlepas dari dampak pandemi yang bergejolak, Asiamoney menilai kinerja bisnis wealth management BRI mencatatkan pertumbuhan keuangan yang solid di sepanjang tahun 2020. BRI mencatat peningkatan Fee Based Income Wealth Management sebesar 28% tahun lalu, sementara untuk total aset yang dikelola terus meningkat selama satu dekade menjadi hampir US$9 miliar, atau lebih dari 13% YoY.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan penghargaan dari Asiamoney akan menjadi motivasi dalam meningkatkan layanan wealth management bagi masyarakat ke depan. Ia melanjutkan penghargaan ini membuktikan BRI tak hanya jago bermain di ranah UMKM melainkan di segmen HNWI (High Networth Individual) sebagai konsultan pengelolaan kekayaan.

"Fokus segmen yang dilayani mewakili ambisi dan status kami sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Kami melayani pelanggan dari awal perjalanan kekayaan mereka," ujar Handayani, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/6/2021).

Menurt Handayani penghargaan yang diraih BRI tahun ini tidak terlepas dari kinerja consumer banking yang cemerlang. Bisnis wealth management dibentuk sebagai salah satu visi perseroan untuk memberikan layanan konsultasi yang komprehensif bagi klien dalam melindungi dan mengembangkan kekayaan mereka.

Layanan yang diberikan dengan menawarkan produk investasi dan bancassurance untuk berbagai segmen bisnis antara lain mikro, ritel, prioritas & private. Khusus layanan private banking asset under management di atas Rp 15 miliar. Untuk melayani nasabah tersebut, bisnis Wealth Management BRI didukung oleh tiga pilar utama yang masing-masing memiliki peran berbeda.

Bisnis Bancassurance menjadi solusi atas kebutuhan nasabah akan perlindungan kekayaan. Bisnis investasi untuk mendukung nasabah dalam menumbuhkan dan mengakumulasi aset keuangan untuk mencapai tujuan klien. Bisnis penasihat keuangan untuk bertindak sebagai mitra dan memberikan perencanaan keuangan masa pension atau hari tua serta solusi keuangan terbaik di kelasnya bagi semua segmen pelanggan BRI.

Pilar-pilar ini berfungsi sebagai landasan untuk menyesuaikan penawaran BRI dengan setiap segmen. Di sisi lain, layanan Private Banking BRI hadir untuk memanfaatkan dan mendukung segmen HNWI yang berkembang di Indonesia.

"Proposisi kepada klien pribadi kami juga dirancang secara eksklusif. Pertama, akses prioritas pada kuota produk. Kedua layanan dan hak istimewa eksklusif misalnya layanan pramutamu perjalanan dan privileges premium," pungkasnya.

Asiamoney merupakan media berskala internasional yang berfokus pada perbankan, pasar modal, investasi, nilai tukar dan treasury serta pasar regional di Asia. Pada tahun lalu BRI dinobatkan sebagai Indonesia's Best Bank for SMEs 2020 dan Indonesia's Best Bank for CSR 2020 dalam ajang Asiamoney Best Bank Award 2020.

(prf/hns)