Kasus Corona Meledak Jadi Ancaman Baru, Perlu Asuransi Seperti Apa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 22 Jun 2021 10:53 WIB
Ilustrasi Asuransi Online
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kasus positif COVID-19 kembali naik di sejumlah wilayah termasuk di Jakarta. Hal ini artinya ada 'ancaman' baru untuk kesehatan dan jiwa masyarakat.

Karena itu dibutuhkan perlindungan atau proteksi berupa asuransi jiwa untuk mengalihkan risiko yang mungkin ditemui di kemudian hari. Lalu jenis asuransi apa ya yang cocok saat pandemi?

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengungkapkan dalam memilih asuransi jiwa ini memang harus disesuaikan dengan manfaat yang diinginkan oleh calon pemegang polis.

"Bila untuk antisipasi biaya kesehatan yang relatif mahal maka bisa membeli asuransi kesehatan. Lalu kalau mau proteksi bisa beli asuransi jiwa berjangka atau asuransi jiwa seumur hidup," kata dia kepada detikcom, Selasa (22/6/2021).

Togar menyebutkan jika ingin asuransi pendidikan atau naik haji hingga dana pensiun maka bisa membeli asuransi jiwa endowment. Kemudian jika ingin proteksi sekaligus berinvestasi bisa membeli unit link. "Namun ini yang harus diingat ada risiko yang relatif lebih tinggi untuk produk ini dibandingkan produk lainnya," tambah Togar.

Dia menambahkan sebelum membeli asuransi calon nasabah harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya membeli asuransi lebih cepat di usia muda dan sehat akan lebih baik karena akan mendapatkan premi yang lebih murah.

Kemudian calon nasabah juga harus memahami produk asuransi jiwa secara cermat dan teliti. Hal ini demi menghindari kesalahpahaman produk dan manfaat yang akan didapatkan di asuransi jiwa. Termasuk syarat dan proses klaim.

"Pastikan manfaat polis sudah sesuai dengan kebutuhan masa depan anda dan premi yang diwajibkan sesuai kemampuan. Selalu sesuaikan antara alokasi pendanaan yang Anda keluarkan untuk asuransi dengan kemampuan Anda, agar perlindungan yang diberikan bisa terus berjalan dan tidak terhenti," jelas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2