Mengintip Rencana KB Bukopin Jorjoran di Bisnis Digital

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 23 Jun 2021 12:30 WIB
KB Bukopin
Foto: Erika Dyah/detikcom
Jakarta -

Ditunjuk sebagai direktur utama yang baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank KB Bukopin Tbk tahun buku 2020, Chang Su Choi membawa misi penting mendongkrak kinerja perusahaan.

Chang menegaskan, salah satu fokus utama langkahnya mendongkrak kinerja KB Bukopin adalah dengan mendorong tranformasi layanan perbankan digital sebagai upaya mendekatkan dan memudahkan masyarakat memperoleh layanan perbankan dari perusahaan yang dipimpinnya.

"Saya akan berupaya agar dapat membawa KB Bukopin menjadi bank yang memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman, serta bertansfromasi sebagai bank pemain utama IT yang powerful," kata Chang yang bergabung secara virtual dalam Acara RUPST dan Press Conference KB Bukopin di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Chang mengungkapkan KB sendiri merupakan pemain utama dalam hal digital banking. Guna mendorong pengembangan KB Bukopin menjadi pemain digital banking, ia mengatakan pihaknya hingga kini tak membatasi budget pengembangan IT KB Bukopin.

"Sejauh ini kami tidak membatasi budget-nya. IT akan menjadi prioritas utama kami. Kami akan melakukan investasi sampai IT di KB Bukopin dinilai sudah cukup bagus," ujar Chang.

Merespons rencana tersebut, Pengamat Perbankan Paul Sutaryono berpandangan fokus perusahaan tersebut sebagai langkah yang tepat seiring dengan meningkatnya pemanfaatan layanan keuangan digital oleh masyarakat.

Menurut Paul, di masa depan, permintaan layanan perbankan digital akan semakin meningkat lagi sehingga dibutuhkan transformasi layanan perbankan yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat di era digital tersebut.

"Menurut saya, fokus ke digital banking itu salah satu fokus bisnis ke depan," tutur dia.

Bagaimana peluang industri keuangan digital KB Bukopin di masa depan? Buka halaman selanjutnya.