Pandemi, BNI Ajak Perempuan Jago Literasi Keuangan Digital

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 13:19 WIB
Gedung BNI
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengajak perempuan untuk cerdas mengelola keuangan agar mampu meraih cita-cita finansial yang diidam-idamkan. Hal ini juga dilakukan BNI melalui Srikandi BNI sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai perempuan BNI.

Co-Founder Stellar Women Aliya Tjakraamidjaja mengatakan sebagai Chief Household Officer di rumah, perempuan merupakan pembuat keputusan utama dalam mengelola keuangan bagi diri sendiri dan keluarga. Di masa pandemi, kaum perempuan dituntut semakin mahir dalam pengelolaan keuangan secara digital yakni pandai berinvestasi dan menyiapkan tabungan di masa depan.

Ia mengatakan literasi finansial perempuan di Indonesia masih terbilang rendah, baru sekitar 36,13% pada 2019. Padahal sebagian besar pelaku UMKM di dalam negeri merupakan perempuan.

"Karena itu, menurut kami sekarang adalah waktu yang tepat bagi wanita untuk lebih terlibat ke sektor ekonomi," paparnya dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).

Dalam acara virtual Srikandi BNI: Perempuan Indonesia Percaya Diri dalam Mengatur Keuangan Secara Digital di Jakarta, Rabu (7/7/), Aliya melanjutkan pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada BNI atas dukungannya bersama-sama untuk menanamkan kebiasaan keuangan yang sehat agar perempuan dapat lebih berdaya dalam merencanakan masa depan keuangannya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Srikandi BNI Sri Indira mengungkapkan penting bagi perempuan untuk cerdas mengelola keuangan agar mampu meraih cita-cita finansial yang diidam-idamkan. Sehingga Srikandi BNI hadir untuk melengkapi tujuan finansial tersebut.

"Pegawai Perempuan BNI merupakan mitra yang setara dalam mendukung pembangunan Indonesia yang lebih baik. Wadah Srikandi BNI juga sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai perempuan BNI," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut Sri, penting bagi perempuan Indonesia agar semakin pandai dan percaya diri akan kemampuan finansial yang dimilikinya. "Cita-cita perlu didukung oleh pengetahuan pengelolaan keuangan yang baik," jelasnya.

Sebagai calon pemimpin di masa depan, keterlibatan perempuan semakin penting dalam banyak sektor ekonomi sehingga kemampuan merencanakan keuangan dengan baik senantiasa perlu didukung oleh segelintir pihak, termasuk BNI yang merupakan salah satu lembaga keuangan unggul di Indonesia.

Lewat Komunitas Stellar Women, BNI turut mengoptimalkan peran perempuan dalam berbagai role yang dikerjakan demi memaksimalkan potensi terbesar mereka masing-masing untuk pengembangan literasi keuangan nasional yang lebih efektif dan tepat sasaran.

(ncm/ega)