Begini Cara Bank Raup Dana Murah dari Masyarakat

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 20:32 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Dana murah merupakan salah satu sumber pendanaan di perbankan. Beragam cara dilakukan oleh bank untuk mendapatkan dana murah ini.

Misalnya PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) membidik dana murah dari masyarakat caranya dengan mengoptimalkan program BTN Solusi dengan menawarkan kemitraan dengan beragam institusi, lembaga maupun korporasi BUMN atau swasta.

Direktur Distribution & Retail Funding Bank BTN, Jasmin mengungkapkan BTN meningkatkan porsi dana murah yang saat ini masih di bawah 40%.

"Kami optimistis akhir tahun ini dapat menembus di atas 40%, salah satu caranya dengan mengoptimalkan program BTN Solusi dengan menawarkan kemitraan dengan beragam institusi, lembaga maupun korporasi BUMN ataupun swasta," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (15/7/2021).

Dia menyebutkan per Juni 2021, kinerja BTN Solusi mencatat akusisi number of account (NOA) atau jumlah rekening yang diraup mencapai sekitar 49.000 rekening, atau sekitar 51% dari target tahun ini.

Jika diakumulasikan sejak tahun 2020 lalu, Bank BTN sudah mengantongi 126.513 rekening baru dari program BTN Solusi dengan rata-rata saldo rekening di atas Rp 1,2 juta.

Sedangkan dari para karyawan yang memiliki payroll di Bank BTN lewat program BTN Solusi, sekitar 50% mengakses KPR Subsidi maupun non Subsidi. Selain potensi penambahan kredit, BTN Solusi juga dapat mendongrak fee based income perseroan.

Karena itu BTN bermitra dengan PT Indofarma Tbk salah satu perusahaan yang bergerak di bidang farmasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2