Genap 65 Tahun, Intip Sederet Inovasi Bank Danamon Berkat Kolaborasi

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 23 Jul 2021 11:05 WIB
Bank Danamon
Foto: Bank Danamon
Jakarta -

PT Bank Danamon Indonesia pada 16 Juli yang lalu berusia 65 tahun. Berdiri sejak tahun 1956, Danamon terus mencoba untuk berkolaborasi menciptakan inovasi untuk menjadikan Danamon salah satu pemain besar di sektor perbankan.

Pada hari jadinya ke 65 ini, Danamon mengusung tema "Tumbuh Melalui Kolaborasi". Alasan pemilihan itu karena dengan adanya kolaborasi, Danamon dapat menciptakan inovasi-inovasi yang dituangkan pada produk dan program menarik untuk nasabah dan masyarakat Indonesia.

Perjalanan panjang 65 tahun Danamon tidak dapat terjadi tanpa kolaborasi yang kuat antara seluruh pihak. Pada tahun 2019 Danamon secara resmi menjadi anggota dari MUFG Bank, Ltd (MUFG). investasi MUFG di Danamon memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah dan franchise Danamon, serta mendukung Bank untuk terus bertumbuh menjadi bank terkemuka di Indonesia.

Di bawah tahun kedua kepemimpinan Direktur Utama Yasushi Itagaki, Danamon juga berhasil mendapatkan penghargaan berskala internasional seperti Asia Trailblazer 2020 sebagai Highly Commended untuk kategori Best Digital Banking Initiative, Asiamoney Best Bank Award 2020 IDC DX Gamechanger 2020 pada tingkat nasional dan tingkat Asia Pasifik.

Pada awal 2021 Danamon juga meraih Peringkat 1 Kategori Bank BUKU 4 di ajang Infobank Satisfaction, Loyalty, Engagement 2021.

Yasushi mengatakan 65 tahun bukanlah waktu yang singkat, ia pun bersyukur atas semua pencapaian Danamon yang kini sudah menjadi anggota dari MUFG sehingga dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ia juga meyakini, kolaborasi menjadi pilar utama yang berhasil membawa Danamon menjadi salah satu pemain besar di sektor perbankan Indonesia.

"Kesuksesan Danamon tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras dan dedikasi karyawan, mitra usaha, para nasabah dan seluruh stakeholder yang telah berkontribusi membawa Danamon menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia," tutur Yasushi dalam keterangan tertulis.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada dukungan para nasabah yang terus memotivasi Danamon untuk memberikan pelayanan dan kinerja yang lebih baik.

"Walaupun masih dalam masa pandemi COVID-19, kami ingin mengajak setiap lapisan masyarakat untuk optimis menatap ke depan dengan dapat bersatu dan berkolaborasi dalam menghadapi masa krisis ini," tuturnya.

Bank DanamonBank Danamon Foto: Bank Danamon

Danamon telah menggelar serangkaian kegiatan selama pandemi seperti, bantuan sebesar ¥100 juta (setara Rp 14 miliar) kepada pelajar Indonesia di Jepang melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo.

Ada juga donasi tunai sebesar lebih dari Rp 1 Miliar dari untuk menyumbang persediaan makanan kepada para pengemudi online Grab dan Gojek. Danamon juga mendonasikan 4.000 alat pelindung diri (APD) kepada petugas medis pejuang lini depan Indonesia.

Danamon juga memberikan donasi asuransi jiwa dan jaminan kecelakaan kerja yang dikelola oleh BP Jamsostek kepada 10.000 relawan di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), distribusi sembako dan APD di sejumlah wilayah di Indonesia.

Danamon juga mendonasikan kaos bagi relawan di RS Wisma Atlet serta menggelar sentra vaksinasi yang berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Di samping itu, Danamon juga meluncurkan 'Festival Kola6ora5i'. Di area festival virtual ini masyarakat dapat menemukan kisah inspiratif perjalanan Danamon, promosi produk promo kolaborasi spesial HUT ke-65 serta 650 menit talkshow yang menyoroti pentingnya kolaborasi, dari berbagai topik, aspek, dan sudut pandang.

Sebagai bagian dari HUT 65 Danamon juga terus berkomitmen dalam semangat kesejahteraan melalui Aksi Danamon Peduli, di antaranya mendukung pergerakan ekonomi melalui program Aksi Pasar Sehat dan Tangguh, serta mengadakan Aksi Air & Sanitasi Untuk Nusantara.



Simak Video "MUFG, Danamon dan Adira Finance Gelar Sentra Vaksinasi Untuk Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)