Deretan Uang Rupiah Viral: Disemprot Hijau hingga Dijual Rp 1 Miliar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 04 Agu 2021 18:00 WIB
Viral Uang Pecahan Rp 2.000 mirip Rp 20,000/Dramaojol
Foto: Viral Uang Pecahan Rp 2.000 mirip Rp 20,000/Dramaojol
Jakarta -

Ramai di media sosial uang kertas pecahan Rp 2.000 yang diwarnai dengan semprotan berwarna hijau. Foto ini viral lantaran membuat orang terkecoh, pasalnya uang tersebut jadi sangat mirip dengan uang pecahan Rp 20 ribu.

Dari sebuah postingan di akun instagram dramojol.id ada foto yang memperlihatkan uang pecahan Rp 2.000.

Unggahan tersebut juga meminta warga untuk berhati-hati ketika menggunakan uang pecahan ini.

"Hati-hati nih guys. Kondisi sekarang orang jahat makin pinter pake nyemprotin pewarna hijau ke uang Rp 2.000 jadi dikira uang Rp 20.000. Jangan cepat-cepat ngantongin uang," tulis akun @crez*ti** dikutip Rabu (4/8/2021).

Berita viral mengenai rupiah bukan kali ini saja. Beberapa waktu lalu juga sempat heboh ada uang logam gambar melati yang sempat viral karena dijual dengan harga Rp 1 miliar.

Dari penelusuran detikcom untuk uang logam pecahan Rp 500 bergambar melati memang dijual di sejumlah marketplace harganya bervariasi hingga Rp 1 miliar.

Ada satu toko yang menjual uang logam ini dengan harga Rp 10 juta. Deskripsi dari toko tersebut adalah uang ini sedang tren dan diburu oleh kolektor.

Kemudian koin warna emas pecahan Rp 500 bergambar melati tahun 1991-1992 juga dijual dengan harga Rp 88,88 juta.

Selanjutnya ada juga 'uang' yang viral di TikTok Dalam video berdurasi 13 detik itu bertuliskan 'Ngasih THR pake uang pecahan ini lucu kali ya?' tulis akun @puspotv Dari video tersebut ada pengguna TikTok yang menanyakan terkait keaslian uang tersebut. "Uang rupiah beneran mau redenominasi ya?" tanya akun *bint*ng**ec*il.

Kemudian ada juga akun Ag*s*eti*w*n yang menyebut "Ini namanya redenominasi, mudah-mudahan ekonomi kuat dan segera diwujudkan, kebanyakan nolnya ribet" tulisnya.

Tanggapan PT Peruri ada di halaman selanjutnya



Simak Video "BI Bakal Bahas soal Digitalisasi Rupiah di Presidensi G-20"
[Gambas:Video 20detik]