Bos BCA Buka-bukaan Alasan Masih Ada Nasabah Pakai Produk 'Dinosaurus'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 05 Sep 2021 19:28 WIB
Jahja Setiaatmadja adalah Presiden Direktur BCA
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Perkembangan layanan di bank seperti perkembangan layanan digital tak serta merta diikuti oleh semua nasabah. Rupanya, masih ada sejumlah nasabah yang memakai produk yang cenderung kuno alias produk 'dinosaurus'.

Hal itu sebagaimana terjadi di Bank BCA di mana masih ada nasabahnya yang memakai produk dinosaurus tersebut. Produk dinosaurus untuk menggambarkan layanan-layanan yang cenderung lama seperti SMS dan phone banking.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja mengatakan, pemakaian produk dinosaurus itu tergantung nasabahnya. Menurutnya, ada nasabah yang sudah nyaman dengan layanan tersebut.

"Tergantung nasabahnya ada orang yang istilahnya gaptek, dan nggak mau belajar atau sudah nyaman dengan itu jadi nggak mau coba produk baru," katanya kepada detikcom lewat pesan singkat, Minggu (5/9/2021).

Ibarat mobil, dia mengatakan, cara kerja layanan yang diberikan berbeda. Namun, kata dia punya hasil yang sama.

"Seperti kalau punya mobil yang perseneling manual dengan mobil automatic, hasil sama, cuma yang baru lebih nggak repot," katanya.

Sementara itu, Jahja mengatakan, produk yang lebih baru memiliki fitur yang lebih banyak dibanding produk tersebut.

" Kalau kaya SMS banking cuma bisa cek saldo dan transfer kalau yang my BCA bisa lihat kurs dan mutasi rekening dll sedangkan SMS banking kan nggak bisa," ujarnya.

(acd/dna)