BNI Mau Buka Kantor di Amsterdam dan LA Tahun Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 16:35 WIB
BNI
Foto: dok. BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI masih akan melebarkan sayap ke luar negeri. BNI akan membuka kantor di Amsterdam dan Los Angeles (LA).

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini mengatakan pihaknya menargetkan dapat izin dari otoritas setempat tahun ini, sehingga kantor tersebut dapat beroperasi awal tahun depan.

"Saat ini BNI juga sedang mempersiapkan pembukaan representative office di Amsterdam, ini khususnya untuk menggarap pasar di Eropa, dan Los Angeles untuk meng-cover potensi pasar di pantai barat Amerika dan Kanada," katanya dalam acara Public Expose Live 2021, Senin (6/9/2021).

"Kami menargetkan izin dari otoritas atau regulator di negara setempat ini dapat kami peroleh pada tahun 2021, sehingga kantor BNI dapat beroperasi di kuartal I-2022," tambahnya.

Dia menjelaskan, untuk menentukan lokasi BNI menerapkan strategi capture the flow. Artinya, BNI akan melihat transaksi perdagangan, transaksi investasi, hingga diaspora Indonesia.

"Lokasi yang ditentukan tentunya akan menyesuaikan dengan flow transaksi tersebut karena ini sejalan dengan visi misi BNI dan juga fokus BNI untuk go global," ujarnya.

Tambahnya, BNI juga akan melakukan studi kelayakan saat akan membuka kantor di luar negeri.

"Selain itu untuk melakukan pengembangan jaringan kantor di luar negeri ini tentunya dibutuhkan analisa feasibility study yang lebih mendalam di masing-masing negara yang akan kami tuju," ujarnya.

(acd/ara)