BRI Jadi Agen Perantara Pedagang Efek BRI Danareksa Sekuritas

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 14:02 WIB
BRI
Foto: dok. BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) menandatangani perjanjian kerja sama Agen Perantara Pedagang Efek (APPE). Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan melalui kerja sama ini akan memperkuat customer base BRI Group dengan menyediakan layanan keuangan yang terintegrasi.

"Kerja sama ini memungkinkan tenaga pemasar BRI yang sudah tersertifikasi, mereferralkan nasabahnya menjadi nasabah APPE (kerja sama BRIDS) sehingga nasabah BRI dapat membeli produk pasar modal melalui BRIDS," urai Handayani dalam keterangan tertulis, Kamis (9/8/2021).

Adapun Agen Perantara Pedagang Efek (APPE) merupakan pihak yang mereferensikan calon nasabah (dalam hal ini BRI) kepada Perantara Pedagang Efek (dalam hal ini BRIDS) untuk menjadi nasabah Perantara Pedagang Efek dengan mendapat komisi berdasarkan kontrak kerja sama.

Salah satu bentuk kerja sama lain APPE ini adalah dengan adanya Galeri Investasi yang merupakan sarana atau tempat yang bersifat permanen. Sarana ini disediakan BRI kepada BRIDS di dalam kantor Sentra Layanan Prioritas (SLP) ataupun di Kantor Cabang BRI yang ditunjuk.

Galeri ini dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan seperti memperkenalkan, memberikan literasi, dan edukasi serta memberikan penawaran produk Pasar Modal kepada nasabah BRI.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi mengatakan kerja sama ini sebagai langkah strategis yang dapat meningkatkan kinerja bisnis ritel BRI Danareksa Sekuritas ke depannya.

"Dengan memanfaatkan jaringan distribusi BRI yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak calon nasabah ritel untuk meningkatkan Asset Under Management (AUM) dengan adanya integrasi portofolio antara kedua perusahaan, peningkatan pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) dan juga sebagai upaya untuk terus memperkuat posisi BRIDS sebagai yang terdepan pada segmen ritel di industri pasar modal Indonesia," ujar Friderica.

Dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) ini, BRI dan BRIDS akan bersinergi dalam memberikan informasi dan layanan mengenai produk investasi di pasar modal kepada nasabah maupun pekerja BRI. BRI dan BRIDS juga akan memberikan layanan konsultasi keuangan serta melakukan pemasaran produk pasar modal secara bersama.

Acara MoU digelar di Jakarta Rabu (08/09) kemarin, dengan ditandatangani oleh EVP Wealth Management BRI Tina Meilina dan Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari Dewi serta disaksikan oleh Direktur Konsumer BRI Handayani.

Sebagai informasi, hingga akhir Agustus 2021 tercatat asset under management (AUM) Wealth Management BRI mencapai Rp 140 triliun dengan kelolaan lebih dari 90 ribu nasabah. Sementara itu dari sisi Fee Based Income, bisnis Wealth Management BRI bertumbuh signifikan hingga 22% yoy.

(prf/hns)