BTN Akuisisi Modal Ventura Kosongan, Berapa Duit?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 14:12 WIB
Pandemi COVID-19 membuat transaksi perbankan secara online meningkat pesat. Salah satunya adalah nasabah Bank BTN yang makin makin aktif bertransaksi melalui mobile banking.
Foto: dok. Bank BTN

Pembelian perusahaan modal ventura ini dilakukan BTN untuk mendukung core bisnisnya dengan pengembangan di sektor teknologi. Nantinya SPV dijadikan cangkang dari perusahaan teknologi yang dibangun BTN.

"Kami butuh cangkang saja, sehingga kami memiliki perusahaan modal ventura. Nah ini nanti yang akan menjadi induk dari perusahaan sejenis," tambahnya.

Selain modal ventura, BTN juga akan mengakuisisi perusahaan asuransi. Setidaknya ada tiga kandidat yang saat ini tengah diincar oleh BTN. Nixon memberikan kisi-kisi bahwa perusahaan yang memiliki darah BUMN yang akan diincar.

"Asuransi kita ada tiga kandidat, memang kita akan mengarah ke satu perusahaan asuransi yang masih ada bau-bau BUMN juga. Tapi belum terlalu mengerucut sebenarnya, hanya saja memang kita belum tentu majority," terangnya.

Namun untuk proses akuisisi perusahaan asuransi masih ada beberapa masalah teknis yang harus diselesaikan. Oleh karena itu menurut Nixon realisasinya diperkirakan tahun depan.


(das/ara)