Saat Pandemi, Nasabah Bank Lebih Sering Pakai Layanan Digital

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 10:13 WIB
Fintech
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Pembatasan mobilitas masyarakat telah mengubah perilaku konsumen seperti pergeseran ke arah layanan digital. Hal ini pun mendorong perbankan untuk beradaptasi demi memenuhi kebutuhan nasabah.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan, JakOne Mobile menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan transfer antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian, hingga berdonasi untuk sesama.

Selain itu, kartu pembayaran elektronik JakCard banyak digunakan di berbagai fasilitas transportasi publik seperti Transjakarta, Mikro Trans, LRT, MRT, dan KA Bandara Railink. JakCard juga dapat digunakan di tempat-tempat wisata seperti Taman Margasatwa Ragunan, Monas, museum-museum yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta, dan Taman Impian Jaya Ancol.

"Predikat sangat bagus ini juga membuktikan Bank DKI mampu beradaptasi di tengah pandemi dengan mencatatkan pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan," kata Herry dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Bank DKI juga mencatatkan pertumbuhan positif dari sejumlah indikator kinerja keuangan pada tahun 2020.

"Di tahun 2021 ini, kinerja keuangan Bank DKI mencatatkan pertumbuhan kinerja yang positif, ditandai dengan pencapaian laba di Semester 1 tahun 2021 yang tumbuh sebesar 40,8% secara year-on year (YoY) dari Rp279 miliar per Juni 2020 menjadi Rp394 miliar per Juni 2021," tutur Herry.