Daftar Kode Transfer Bank: BRI, BCA, Mandiri Lengkap

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 16:52 WIB
Seorang nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedang mengakses layanan mobile banking Bank BTN di Jakarta, Senin (19/7). Dalam rangka mendukung Pemerintah menekan laju penularan Covid-dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih terus diterapkan, Bank BTN mengoptimalkan layanan digital banking, seperti mobile banking, internet banking serta ATM. Bank BTN juga menambah  fitur Cardless Withdrawal, dimana nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM, serta QRIS, fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi dengan  memindai QR Code melalui aplikasi mobile banking BTN. Jumlah transaksi mobile banking Bank BTN tercatat melonjak hingga 52% yoy menjadi 65,62 juta transaksi pada bulan Juni 2021 atau naik dari 43,14 juta transaksi pada Juni 2020.
Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

Ketika Anda ingin melakukan transaksi/transfer uang ke rekening yang berada di luar bank yang Anda gunakan, kode bank ini menjadi hal yang penting. Baik melalui mesin ATM, internet banking, serta sms banking, Anda perlu memasukkan kode bank tempat rekening yang ingin Anda transfer.

Lain hal jika bertransaksi sesama bank, kode bank tidak diperlukan.

Hal ini agar proses transfer lebih cepat. Sebenarnya, jika kamu akan melakukan transfer di ATM bank, datanya sudah tersedia. Namun mencari kode bank sebelum transfer memungkinkan meningkatkan saat transfer.

Berikut ini daftar kode bank di Indonesia untuk keperluan transfer uang:

Daftar Kode Bank BUMN

BNI: 009
BRI: 002
BTN: 200
Bank Mandiri: 008
Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BRI Syariah: 422
Bank Syariah Indonesia (BSI) eks BNI Syariah: 427
Bank Syariah Indonesia (BSI) eks Mandiri Syariah: 451