Allo Bank Milik CT Mau Terbitkan Saham Baru, Investor Baru Bisa Masuk

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 12:50 WIB
Founder & Chairman CT Corp, Chairul Tanjung, bicara mengenai kondisi ekonomi usai Pilpres 2019. Menurutnya, usai pemilu data ekonomi biasanya menunjukkan perbaikan.
Chairul Tanjung/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) berencana melalukan aksi korporasi penawaran umum terbatas (PUT) III. PUT itu dilakukan dalam rangka penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) oleh bank yang dimiliki pengusaha nasional Chairul Tanjung ini.

Mengutip prospektus yang diterbitkan perusahaan dalam keterbukaan informasi, Jumat (10/9/2021), dalam PUT kali ini perusahaan yang dulunya bernama Bank Harda akan menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 11.000.000.000 yang akan ditawarkan melalui PMHMETD atau 94,15% dari modal ditempatkan dan
disetor penuh dalam perseroan.

Diinformasikan juga bahwa PT Mega Corpora selaku pemegang saham pengendali memiliki opsi untuk mengalihkan hak HMETD-nya kepada investor tertentu. Mega Corpora sendiri memegang sebesar 90% saham BBHI.

Dijelaskan bahwa dalam POJK 9/2018 diatur bahwa dalam hal pelaksanaan Penawaran Tender Wajib mengakibatkan kepemilikan saham oleh pengendali baru lebih besar dari 80% dari modal disetor perusahaan terbuka, Pengendali baru wajib mengalihkan kembali saham Perusahaan Terbuka tersebut kepada masyarakat sehingga saham yang dimiliki masyarakat paling sedikit 20% dari modal yang disetor.

Perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 15 Oktober 2021. Dengan demikian pelaksanaan PMHMETD sesuai ketentuan yang berlaku paling lambat 12 bulan setelah tanggal pelaksanaan RUPSLB.

Dari PMHMETD ini modal perusahaan akan meningkat sekitar 94,15% dari posisi modal ditempatkan dan disetor penuh saat 4 ini. Tujuannya untuk memperkuat struktur permodalan dalam pengembangan usaha BBHI termasuk pengembangan bidang kredit dengan inovasi teknologi atau yang dikenal dengan bank digital.

Tonton juga Video: Ini Kata Young Investor Pilih Kripto atau Saham

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)