Ini Daftar Puluhan Penerima Dana BLBI, Ada Salim Group & Mbak Tutut

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 11 Sep 2021 06:00 WIB
Infografis obligor 48 BLBI
Ini Daftar Puluhan Penerima Dana BLBI, Ada Salim Group
Jakarta -

Penyelesaian utang oleh obligor dan debitur Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) berlarut-larut selama puluhan tahun. Berdasarkan informasi yang pernah dipublikasikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pada saat krisis 1997-1998, BLBI diberikan sebesar Rp 147,7 triliun kepada 48 bank. Siapa saja mereka?

detikcom merangkum para obligor dan debitur BLBI dari pernyataan Menko Perekonomian yang kala itu dijabat Boediono. Dia pernah memberi keterangan mengenai perkembangan kasus obligor BLBI di gedung DPR, Jakarta pada 12 Februari 2008.

Pada arsip jawaban Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang interpelasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atas penyelesaian Kredit Likuiditas Bank Indonesia dan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia, pada rapat paripurna 1 April 2008, SBY juga membeberkan para obligor BLBI.

Sebagai pelengkap, detikcom juga mengutip beberapa sumber lainnya. Di antara para obligor, ada yang disebut telah melunasi kewajibannya kepada negara, namun ada yang masih dalam proses penyelesaian.

Siapa saja mereka? klik halaman berikutnya.