BRI Insurance Jadi Penyedia Proteksi 8,5 Juta Mitra Bukalapak

Angga Laraspati - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 18:12 WIB
BRINS
Foto: BRINS
Jakarta -

PT BRI Asuransi Indonesia atau BRINS, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Buka Mitra Indonesia (Bukalapak Group). Kerja sama ini membuat BRINS menyediakan proteksi untuk UMKM mitra Bukalapak yang saat ini jumlahnya telah mencapai 8,5 juta mitra.

CEO BRINS Fankar Umran mengatakan kerja sama yang dilakukan bersama Bukalapak merupakan kerja sama yang strategis. Sebab kedua institusi memiliki visi untuk memajukan UMKM.

"BRINS sebagai bagian dari BRI Group dengan segudang pengalaman menggarap potensi UMKM, berkolaborasi dengan Bukalapak dengan berbagai inovasi dan juga sebagai salah satu game changer dalam landscape perekonomian nasional," kata Fankar dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021).

Dengan kerja sama ini, seluruh mitra Bukalapak dapat memproteksi aset dengan murah dan klaim yang cepat melalui 'Asuransi Kebakaran Mitra Bukalapak'. Para mitra juga bisa mendapatkan sumber pendapatan baru dengan menjual produk asuransi mikro 'Kerusakan Tempat Usaha' dan asuransi mikro 'Rumahku' milik BRINS.

Sementara itu, President BukaFinancial & Digital Bukalapak Victor Putra Lesmana menuturkan usai IPO pada Juli lalu, Bukalapak mencari peluang untuk berkolaborasi memajukan UMKM. Lewat kerja sama bersama BRINS, menurutnya merupakan salah satu realisasi dari strategic initiative Bukalapak.

Ia pun melihat kerja sama ini sebagai sebuah hal historis untuk memajukan UMKM. Saat ini Bukalapak memiliki 8,5 juta mitra UMKM, dan banyak yang masih belum sadar pentingnya asuransi.

"Produk yang ditawarkan BRINS sangat pas, mudah didapatkan dan yang paling penting ekonomis, sangat terjangkau untuk mitra Bukalapak. Kami harap ini hanya awal dari kerja sama panjang kita ke depan, juga bisa belajar dari BRINS yang sudah berpengalaman di segmentasi mikro UMKM selama puluhan tahun," ucap Viktor.

Baik Fankar dan Victor sepakat kolaborasi BRINS dan Bukalapak merupakan awal dari kerja sama jangka panjang dalam mendorong UMKM secara lebih luas melalui pembinaan, pembiayaan dan proteksi sekaligus untuk meningkatkan sustainability para pelaku UMKM.

(ega/hns)