Bisa Pakai HP, Buka Rekening Nggak Perlu ke Kantor Bank Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 17:45 WIB
Seorang nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedang mengakses layanan mobile banking Bank BTN di Jakarta, Senin (19/7). Dalam rangka mendukung Pemerintah menekan laju penularan Covid-dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih terus diterapkan, Bank BTN mengoptimalkan layanan digital banking, seperti mobile banking, internet banking serta ATM. Bank BTN juga menambah  fitur Cardless Withdrawal, dimana nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM, serta QRIS, fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi dengan  memindai QR Code melalui aplikasi mobile banking BTN. Jumlah transaksi mobile banking Bank BTN tercatat melonjak hingga 52% yoy menjadi 65,62 juta transaksi pada bulan Juni 2021 atau naik dari 43,14 juta transaksi pada Juni 2020.
Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

Digitalisasi saat ini sudah memasuki sektor keuangan, khususnya perbankan. Sekarang membuka rekening bank tidak perlu lagi datang ke kantor cabang dan mengambil nomor antrean customer service.

Calon nasabah bisa membuka rekening dari rumah, bermodalkan handphone, kartu identitas dan verifikasi lalu selesai. Nasabah bisa langsung menabung dan menggunakan jasa layanan perbankan lainnya.

Salah satunya PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang sudah resmi mengantongi izin pembukaan rekening online atau online onboarding for open account dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Layanan pembukaan rekening online akan terintegrasi baik melalui website ataupun aplikasi BTN mobile banking supper apps. Pembukaan rekening baru tersebut dapat dilakukan dengan 3 langkah mudah dan cepat yakni akses menu online on boarding, isi data, dan kartu identitas serta verifikasi.

Direktur IT and Operations Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan fitur pembukaan rekening online ini juga akan menjadi gerbang masuk ke berbagai layanan digital yang tengah disiapkan perseroan.

"Bagi kami, menjadi digital itu wajib untuk memudahkan nasabah kami dalam bertransaksi perbankan. Saat ini, kami tengah merancang berbagai layanan digital yang terintegrasi, ini merupakan upaya menciptakan experience baru bagi nasabah," jelas Andi dalam siaran pers, Kamis (16/9/2021).

Dia menyebutkan selain mempersiapkan layanan online onboarding untuk pembukaan rekening, BTN juga tengah merancang fitur enhancement online onboarding loan.

Melalui online onboarding loan, calon debitur dapat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan berbagai solusi digital tanpa harus mengunjungi jaringan kantor Bank BTN. "Hal ini dilakukan agar proses verifikasi dan SLA pengajuan online dapat semakin ditingkatkan," tutur Andi.

Andi juga menuturkan hingga kini berbagai layanan digital milik Bank BTN terus menunjukkan pertumbuhan pengguna yang signifikan. Perseroan tercatat telah memiliki portal dan aplikasi BTN Properti, Rumah Murah BTN, BTN Mobile Banking, termasuk di dalamnya QRIS dan Cardless withdrawal, hingga e-Mitra Bank BTN.

Dalam rencana perseroan, beberapa layanan digital yang bakal diluncurkan yakni Smart Residence, Virtual Branch, New Internet Banking Business, EDC Platform, API Platform Management, Agen Batara / PPOB hingga pengembangan BTN Properti. "Ini semua merupakan upaya membangun ekosistem perumahan secara digital, yang tentunya akan memudahkan bagi nasabah," jelasnya.

(kil/eds)