Satgas Panggil 24 Pengemplang BLBI, Ada yang Ngaku Tak Punya Utang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 21 Sep 2021 12:53 WIB
Infografis Daftar Penerima Dana BLBI
Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta -

Satgas BLBI telah melakukan 24 pemanggilan terhadap obligor atau debitur yang memiliki urusan utang piutang dengan negara. Pemanggilan tersebut telah direspons yang terbagi dalam beberapa kelompok.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kelompok pertama ialah hadir dan mengaku bahwa mereka memiliki utang terhadap negara. Mereka menyusun rencana menyelesaikan utangnya.

"Dari 24 ini ada yang hadir dan kemudian mengakui bahwa mereka memiliki utang atau kewajiban kepada negara dan kemudian menyusun rencana penyelesaian utangnya," katanya dalam konferensi pers, Selasa (21/9/2021).

Kelompok kedua, hadir atau diwakili. Namun, rencana penyelesaian utang tersebut tidak realistis sehingga ditolak tim.

"Kelompok kedua adalah yang hadir, yang hadir itu bisa bersangkutan atau yang mewakili dan mereka juga mengakui namun mereka menyampaikan rencana penyelesaian untuk utang-utang mereka namun rencana tersebut mungkin tidak realistis dan ditolak oleh tim kita," katanya.

Kelompok ketiga adalah yang hadir namun mereka menyatakan tidak memiliki utang kepada negara. Kelompok keempat, tidak hadir namun mereka menyampaikan surat janji untuk penyelesaian.

"Dan yang kelima adalah kelompok yang tidak hadir," katanya.

Simak Video: Bukan Hanya Tommy Soeharto, Satgas BLBI Juga Panggil 48 Obligor

[Gambas:Video 20detik]




(acd/eds)