BRI Punya Layanan Digital UMi Corner, Bisa Apa Saja?

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 22 Sep 2021 13:42 WIB
Senyum adalah Sentra Layanan Ultra Mikro yang memanjakan nasabah ketiga perusahaan melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Misalnya, BRI Unit Pilar, Cikarang Utara Bekasi yang kini disulap jadi co-location bagi Pegadaian dan PNM.
Foto: Dok. Alfi Kholisdinuka/detikcom
Jakarta -

Holding Ultra Mikro yang digawangi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk memberikan pelayanan kepada nasabah dengan produk yang lebih lengkap untuk para pelaku usaha di lapisan terbawah. Salah satunya melalui layanan digital UMi Corner.

Menurut Kepala Unit BRI Unit Pilar Cikarang Bekasi Chaerul Alfian, platform terintegrasi itu memungkinkan nasabah mengakses berbagai layanan keuangan dari BRI, Pegadaian dan PNM dari satu tenaga pemasar yang bertugas di lapangan.

"Jadi ketika (tenaga pemasar) di lapangan ditemui nasabah yang kepengin tabungan emas dari tenaga pemasar BRI, itu langsung bisa diinput melalui UMi Corner. Nantinya data yang diinput itu langsung link ke Pegadaian dan diteruskan," ungkap Chaerul kepada detikcom di Cikarang, Bekasi, Rabu (22/9/2021).

"Begitu juga sebaliknya, kalau tenaga pemasar Pegadaian menemui nasabah yang ingin menambah modal untuk usaha lebih meningkat, ini bisa diinput melalui UMi Corner, dan datanya langsung link ke pinjaman KUR BRI," imbuhnya.

Diungkapkannya, hal yang sama juga berlaku bagi para nasabah PNM yang ingin mencari tambahan modal kecil untuk usahanya, bisa melalui layanan UMi Corner yang dapat diakses melalui tenaga pemasar BRI maupun Pegadaian.

"Jadi layanan UMi Corner ini tentu sangat bermanfaat dalam meningkatkan jumlah nasabah di masing-masing tiga entitas Holding Ultra Mikro. Hal ini sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan pembiayaan masyarakat," jelasnya.

Diketahui, di tataran akar rumput solusi keuangan seperti yang ditujukan oleh Pegadaian, PNM masih sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha ultra mikro, terlebih di masa pandemi ini. Hal ini terlihat dari gencarnya bantuan pemerintah yang menyasar segmen UMKM.

Sebagai informasi, produk dari yang sajikan di UMi Corner itu meliputi TabunganKu BRI, Pegadaian, PNM Mekaar, Pinjaman BRI dan Tabungan Emas. Kelima produk ini akan menjadi mitra bagi pelaku usaha wong cilik.

Sebelumnya, Ketua Project Management Office (PMO) Tim Privatisasi BRI Catur Budi Harto mengatakan UMi Corner ini merupakan salah satu inisiatif dari BRI, Pegadaian dan PNM, selain menghadirkan co-location Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum).

"Pengembangan UMi Corner yakni sebuah platform digital terintegrasi,saat ini telah memasuki tahap uji coba di 25 wilayah kerja. UMi Corner melibatkan tenaga pemasar dari ketiga entitas," ungkapnya.

Dia menegaskan Holding Ultra Mikro ini akan memberikan akses kemudahan percepatan, dan kesempatan yang lebih besar kepada industri ultra mikro untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat dan kontributif.

"Sehingga dapat membantu penciptaan lapangan kerja baru. Ini adalah cita-cita bangsa dan harapannya menjadi hadiah untuk Indonesia," pungkasnya.

(akd/hns)