Keren Euy! Rupiah Bisa Dipakai buat Belanja di 2 Negara Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 15:01 WIB
Transaksi ekonomi di batas Indonesia-Malaysia selalu menarik untuk disimak. 2 nilai Mata uang, Ringgit Malaysia dan Rupiah Indonesia pun berlaku disini. Penasaran? Lihat aja foto-fotonya disini.
Keren Euy! Rupiah Bisa Dipakai buat Belanja di 2 Negara Ini
Jakarta -

Warga RI nantinya bisa bertransaksi pakai rupiah di beberapa negara, seperti Thailand sampai Malaysia. Hal ini karena Indonesia sudah memiliki QR Indonesia Standard (QRIS) yang memudahkan pemilik ewallet dan mobile banking untuk bertransaksi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan dengan QRIS cross border ini memungkinkan negara mitra bisa menerima pembayaran dari aplikasi e-wallet di Indonesia.

"Pada tahap ini, pengguna dari Indonesia sekarang dapat menggunakan aplikasi pembayaran seluler mereka untuk memindai Kode QR Thailand, untuk melakukan pembayaran ke merchant di seluruh Thailand," ujar Perry.

Kemudian pengguna dari Thailand kini dapat menggunakan aplikasi pembayaran seluler untuk memindai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Lalu untuk membayar barang dan jasa di merchant di Indonesia dan juga menggunakan layanan ini untuk transaksi e-commerce lintas batas mereka.

Menurut dia layanan ini akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan Thailand yang melakukan transaksi lintas batas, seperti wisatawan. Setelah perjalanan internasional dilanjutkan, pariwisata akan menjadi sektor utama yang akan sangat diuntungkan dari layanan ini karena banyaknya arus wisatawan antara kedua negara.

Inisiatif ini merupakan milestone dari Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025, khususnya di pembayaran ritel. Ini menghubungkan pembayaran lintas batas melalui interkoneksi kode QR nasional kedua negara.

Salah satu aspek yang menarik dari proyek ini adalah penggunaan kuotasi langsung dari nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank-bank Dealer Cross Currency yang Ditunjuk (ACCD) di bawah Kerangka Penyelesaian Mata Uang Lokal (LCS) untuk meningkatkan efisiensi transaksi, sehingga menurunkan biaya transaksi.