Heboh Keluhan Wanda Hamidah, Cek Kondisi Ini dalam Perjanjian Asuransi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 14 Okt 2021 14:27 WIB
Ilustrasi Asuransi Online
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Wanda Hamidah membeberkan kekesalannya kepada sebuah perusahaan asuransi. Wanda Hamidah merasa dibohongi terkait produk asuransi yang telah dia beli.

Dalam curhatan di akun Instagramnya, dia menyebut asuransi tidak bisa menanggung biaya operasi anaknya. Bagaimana menyikapi kondisi seperti ini?

Ada sebuah kondisi yang disebut pre-existing condition dalam asuransi. Kondisi ini memungkinkan adanya pembatalan perjanjian dan klaim dari perusahaan asuransi.

Klausul pre-existing condition itu adalah kondisi kesehatan yang sudah ada sebelum polis berlaku. Pengamat asuransi yang juga akademisi di Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (UGM) Kapler Marpaung mengungkapkan kondisi ini menjadi pengecualian perlindungan yang diberikan.

Dia mencontohkan seorang nasabah telah memiliki penyakit jantung bawaan yang sudah ia derita sebelum membeli polis asuransi.

"Lalu saat mengajukan Surat Permohonan Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan, penyakit bawaan tersebut tidak disampaikan kepada perusahaan asuransi. Maka jika setelah polis berlaku dan ia mengajukan klaim atas penyakit jantungnya, klaim tersebut bisa dibatalkan oleh perusahaan asuransi," kata Kapler, Kamis (14/10/2021).

Klaim akibat dikenakannya klausul pre-existing condition bisa dihindari dengan cara memberikan keterangan perihal riwayat kesehatan dan medis si calon nasabah secara terbuka dan transparan.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik.