Simak! Transfer Uang Rp 250 Juta Kini Cuma Butuh 25 Detik

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 03 Nov 2021 16:39 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto

Selain itu, BI Fast Payment juga menjanjikan perpindahan uang yang cepat di level bank, bukan hanya di level nasabah. Artinya uang yang berpindah antar bank juga akan realtime.

"Kalau sekarang beberapa online transfer itu di nasabahnya memang realtime, tapi di banknya masih H+1," ucapnya.

Infrastruktur BI Fast Payment ini ditawarkan kepada instansi keuangan seperti bank dan lainnya untuk menjadi peserta. Namun sifatnya tidak mandatory.

Pada batch 1 sudah ada 22 instansi keuangan yang mendaftar menjadi calon peserta di Desember 2021. Selain itu juga sudah ada 22 instansi keuangan yang mendaftar di batch 2 yang menjadi peserta di Januari 2022.


(das/fdl)