FOMO Nih Kayaknya, Bank Sentral Inggris Mau Bikin Uang Digital Juga

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 09:28 WIB
different currencies, money exchange concept, finance and trading
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/anyaberkut
Jakarta -

Bank of England dan Departemen Keuangan Inggris akan melaksanakan konsultasi secara formal mengenai pembuatan mata uang digital oleh bank sentral Inggris. Konsultasi formal ini direncanakan akan diadakan pada 2022 mendatang.

Dikatakan kalau konsultasi formal ini dapat menjadi bagian dari fase "penelitian dan eksplorasi" yang akan membantu Bank Dunia dan pemerintah Inggris untuk mengembangkan rencana pembuatan mata uang digital tersebut dalam beberapa tahun ke depan.

Melansir BBC, Rabu (10/11), seperti yang sudah diketahui sebelumnya kalau saat ini sejumlah bank sentral di seluruh dunia sedang mengembangkan atau mengeksplorasi mata uang digital setelah munculnya mata uang kripto seperti Bitcoin.

China misalnya, mereka merupakan salah satu negara yang terdepan dalam perlombaan pembuatan mata uang digital global ini. Dikatakan bahwa saat ini Negeri Tirai Bambu itu sedang dalam proses menguji yuan digital di kota-kota besar termasuk Beijing, Shanghai dan Shenzhen.

Gubernur People's Bank of China Yi Gang mengatakan kalau sekarang ini negara tersebut sedang mengambil langkah selanjutnya di mana mereka berencana untuk meningkatkan perlindungan privasi mata uang e-CNY (e-yuan) dan meningkatkan interaksinya dengan alat pembayaran lainnya.

Sedangkan di sisi lain, pengembangan mata uang digital bank sentral Inggris (CBDC) belum sejauh yang dilakukan China saat ini. Bahkan dikatakan kalau peluncuran CBDC Inggris mungkin baru akan dilakukan pada paruh kedua dekade ini (tahun 2025).

Karenanya makalah dari hasil konsultasi formal yang akan dilaksanakan tahun depan ini kemungkinan dapat menetapkan penilaian dari Departemen Keuangan dan dan Bank Sentral Inggris tentang penggunaan CBDC sebelum keputusan apakah akan dilanjutkan atau tidak.

"Spesifikasi teknis akan mengikuti konsultasi yang menjelaskan arsitektur konseptual yang diusulkan untuk CBDC mana pun," kata Bank Dunia dalam sebuah pernyataan.

"Ini bisa melibatkan pengujian mendalam dari desain optimal, dan kelayakan, CBDC Inggris," jelasnya lagi.

Lihat juga Video: Venezuela Akan Sederhanakan Nilai Mata Uangnya, 100 Juta Jadi 100 Bolivar

[Gambas:Video 20detik]




(eds/eds)