Permudah Transaksi di Pasar, Bank Indonesia Luncurkan QRIS

ADVERTISEMENT

Permudah Transaksi di Pasar, Bank Indonesia Luncurkan QRIS

Saktyo Dimas R - detikFinance
Kamis, 25 Nov 2021 18:15 WIB
Pemkab Kendal
Foto: Saktyo Dimas

Muhamad Jauhari mewakili BNI kanwil 05 Semarang berharap metode belanja non tunai ini bisa diterapkan untuk keamanan bersama dari COVID 19.

"QRIS merupakan cara aman kita untuk bertransaksi karrna tidak perlu secara langsung, apalagi ditengah pandemi COVID 19 yang tidak disarankan adanya pertemuan atau transaksi langsung,"katanya.

Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransaksi secara digital tanpa melalui sentuhan, QRIS memberikan banyak keuntungan bagi para pedagang dan kalangan UMKM serta pembeli.

Untuk Pasar Pagi Kaliwungu, para pedagang kerjasama dengan Bank BNI dalam penerapan SIAP QRIS ini.

Bupati Kendal Dico Ganinduto mengapresiaai program Bank Indonesia dan berharap semua pasar di Kabupaten Kendal bisa menggunakannya.

"Saya apresiasi sekali dengan program dari BI dan ni tidak akan berhenti sampai disini karena transaksi seperti ini sudah saatnya diterapkan. Era kita sudah digital jadi harus mulai sekarang serba digitalisasi," kata Bupati Kendal, Dico Ganinduto.

Pihaknya sudah memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten untuk merelaisasikan kemudahan transaksi dengan menggunakan QRIS ini.

"Ini benar-benar bagus dan sudah seharusnya diterapkan di pasar-pasar yang ada di daerah, dengan perkembangan jaman yang dibutuhkan. Saya berharap kepada paguyuban pasar untuk mensosialisaikan program ini dan juga kepada warga untuk menggunakan cara ini karena aman dan praktis," jelasnya.

Dico juga menaruh harapan dengan program pembayaran non tunai, pedagang bisa mendapatkan bantuan pinjaman lebih mudah dengan fitur lainnya.

"Kita berharap seluruh pedagang yang ada di pasar Kendal nantinya bisa memakai program QRIS ini. Pedagang juga bisa mendapatkan bantuan pinjaman dengan lebih mudah," tambahnya.

Supeni salah satu pedagang pakaian di pasar Kaliwungu mengaku senang bisa mengakses transaksi pembayaran melakui QRIS ini karena dinilai banyak manfaatnya.

"QRIS ini banyak manfaatnya bagi kami pedagang karena lebih simpel dan tidak perlu bawa banyak uang serta aman. Saya harap semua pembeli bisa menggunakan QRIS ini sebagai transaksi pembayatan karena aman dan nyaman," pungkasnya.


(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT