Nasabah Bank Makin Suka Transaksi Digital, Ini Buktinya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 26 Nov 2021 18:41 WIB
Fintech
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Era digital ini mengubah kebiasaan masyarakat dalam transaksi perbankan. Jika dulunya nasabah harus datang ke bank ketika ingin bertransaksi, kini cukup dalam satu genggaman.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengungkapkan dia yakin jika teknologi punya peran penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan membantu mereka mencapai tujuan keuangan.

"Sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dan kuat. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi melayani masyarakat dengan memperluas akses layanan dan literasi keuangan," kata dia dalam siaran pers, Jumat (26/11/2021).

Amar Bank telah menjadi pelopor produk layanan keuangan digital di Indonesia pada tahun 2014 melalui Tunaiku yang memanfaatkan big data dan predictive analytics untuk melayani masyarakat yang belum memiliki rekening bank dan kurang terlayani oleh perbankan.

Mengadopsi teknologi baru AI (Artificial Intelligence) dan cloud, pada Agustus 2020, Amar Bank bekerjasama dengan Google untuk meluncurkan Senyumku, digital bank on the cloud pertama di Indonesia.

Senyumku hadir untuk mendorong kebiasaan menabung yang baik serta meningkatkan kedisiplinan untuk mengontrol keuangan pribadi menjadi lebih baik. Amar Bank berkomitmen untuk merevolusi pengalaman perbankan, mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran/keamanan finansial mereka, serta menumbuhkan kebiasaan menabung melalui teknologi mutakhir.

Sejak diakuisisi oleh Tolaram Group Singapura pada tahun 2014, Amar Bank telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi salah satu pelopor FinTech di Indonesia, melalui produk Tunaiku.