Dear Milenial, Yuk Siapkan Masa Depan Lebih Baik!

Inkana Putri - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 09:47 WIB
Dear Milenial, Yuk Siapkan Masa Depan Lebih Baik!
Foto: Dok. NSS
Jakarta -

Financial plan atau rencana keuangan menjadi hal penting bagi setiap orang, khususnya untuk milenial, baik yang belum menikah atau baru menikah. Dengan rencana keuangan yang baik, milenial tentu akan lebih cepat meraih kebebasan finansial dan terbebas menjadi sandwich generation.

Aktor sekaligus presenter Darius Sinathrya mengatakan rencana keuangan perlu disiapkan sedini mungkin. Apalagi saat ini telah banyak sumber informasi yang dapat dimanfaatkan sehingga milenial lebih mudah untuk mempersiapkan rencana keuangan yang terbaik.

"(Sebaiknya) sedini mungkin setelah punya penghasilan. Dengan arus informasi yang sekarang ada, jangan cuma mencari yang buat kesenangan, tapi perkuat knowledge yang banyak tentang masa depan," ujarnya dalam acara NSS Ep. 49 - Darius & Tina Melina: Prinsip Penting Memiliki Gaya Hidup & Masa Depan Lebih Baik di YouTube CXO Media.

Darius mengatakan sebelum menikah dirinya juga telah mempersiapkan rencana keuangan. Bahkan, usai menikah ia juga membuat rencana keuangan dengan istrinya. Soal rencana keuangan, ia pun membagikan tips agar para milenial dapat mempersiapkan hal-hal seperti asuransi kesehatan. Selain itu, penting juga bagi milenial untuk belajar menyisihkan penghasilannya.

"Sebelum nikah saya sudah punya concern, kayak asuransi kesehatan, belajar nabung. Nah begitu menikah baru ngobrol banyak dengan pasangan. Ini penting banget sih ketika bicara tentang financial planning, kalau udah punya pasangan harus open. Biasanya kita bikin plan-nya sama-sama, karena dua orang yang harus tanggung jawab sama perjalanan hidup, bukan cuma pasangan dan ada juga anak dan keluarga. Jadi, asuransi pendidikan, kesehatan anak sudah mulai dilengkapi. Pasti sebagai orang tua kita pengin beri kesempatan yang terbaik bagi mereka," katanya.

Darius juga menyebut perencanaan keuangan juga harus dimiliki di dalam setiap fase kehidupan, termasuk yang telah berkeluarga. Apalagi biaya kebutuhan sehari-hari terus meningkat.

Dear Milenial, Yuk Siapkan Masa Depan Lebih Baik!Foto: Dok. NSS

"Harus (punya financial plan) sih ya, karena kan semua biaya naik biaya sekolah, bahkan biaya asuransi umur kita semakin bertambah ada level-levelnya, lebih tinggi preminya. Jadi semakin cepat kita punya kesadaran, semakin cepat kita punya financial planning, manfaatnya akan semakin besar buat kita. Dan kemungkinan cost yang kita keluarin nggak setinggi ketika kita terlambat menyadari itu," paparnya.

Untungnya, dalam membuat rencana keuangan, Darius terbantu dengan adanya layanan perbankan. Dengan begitu, ia bisa melakukan konsultasi dengan para petugas, baik soal investasi, asuransi, hingga dana pensiun.

"Dan untungnya sebagai salah satu nasabah BRI Prioritas, BRI buat aku udah kayak one stop financial solution. Jadi, butuh apapun ada di situ, dan feedback atau advice yang dikasih lengkap," paparnya.

Halaman Selanjutnya: Tips Keuangan (4-3-2-1)

Tonton juga Video: Agen Brilink ini Mirip Banget dengan Kantor Bank Beneran!

[Gambas:Video 20detik]