Erick Thohir Harap Peran Strategis BRI Terus Dukung UMKM-Ultra Mikro

ADVERTISEMENT

Erick Thohir Harap Peran Strategis BRI Terus Dukung UMKM-Ultra Mikro

Erika Dyah - detikFinance
Kamis, 16 Des 2021 22:49 WIB
Erick Thohir
Foto: YouTube BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menginjak usia ke-126 pada 16 Desember 2021 ini. Perayaan ulang tahun BRI yang berlangsung secara hybrid turut mendapat sambutan dari sejumlah tokoh Tanah Air salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual, Erick Thohir mengatakan BRI senantiasa menjadi yang terdepan dalam memberi layanan jasa keuangan bagi masyarakat, khususnya untuk nasabah UMKM dan rakyat di pedesaan.

Erick menilai selama ini BRI telah menjadi ekosistem yang kita inginkan. Bahkan kini BRI juga telah menjadi induk dari Holding Ultra Mikro, sehingga peran BRI menurutnya menjadi sangat krusial dalam membangun ekonomi kerakyatan yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia.

"Dengan peran tersebut, layanan keuangan BRI juga menjadi sangat terjangkau bagi masyarakat luas," ungkap Erick dikutip dari siaran YouTube 'HUT 126 BRI, Memberi Makna Indonesia' pada Kamis (16/12/2021).

Dengan berbagai peran BRI yang penting bagi perekonomian bangsa, Erick berharap bahwa BRI dapat terus mempertahankan peran strategisnya bagi industri jasa keuangan Indonesia. Terutama dalam membangun sektor UMKM dan ultra mikro untuk dapat meningkatkan proporsi permodalan UMKM. Ia menyebutkan, Presiden RI, Joko Widodo sebelumnya menargetkan proporsi permodalan UMKM bisa meningkat dari 20% menjadi 30%.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, BRI jangan pernah cepat berpuas diri. BRI harus terus melakukan transformasi dan inovasi untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkap perayaan HUT BRI Ke-126 yang masih diperingati dalam suasana pandemi ini mesti terus diikuti dengan kewaspadaan dan kehati-hatian. Untuk itu, pihaknya merayakan momen HUT ini dengan kesederhanaan tanpa mengurangi pemaknaan yang sejalan dengan tagline perayaan HUT BRI ke-126, yaitu Memberi Makna Indonesia.

"Alhamdulillah BRI hari ini lebih dari 100 tahun, bahkan 126 tahun. Artinya ini bukti yang sangat proven bahwa kegigihan kita dan pendahulu kita membangun dan mengembangkan BRI menghasilkan BRI yang sangat tangguh," kata Sunarso.

Ia menilai di usia yang 126 ini, BRI tidak terasa semakin menua, tapi justru memiliki semangat yang semakin muda.

"Maka kita harus yakin dan optimis BRI akan ada sepanjang masa," pungkasnya.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT